Biksu Thudong Thailand Tiba, Candi Borobudur Disterilkan Siang Ini!

Biksu Thudong Thailand Tiba, Candi Borobudur Disterilkan Siang Ini!

Para biksu yang mengikuti ritual thudong, berjalan kaki dari Bangkok ke Candi Borobudur bermalam di gedung Kanzus Sholawat milik Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. -Radar Pekalongan-DNN-

JAKARTA, DISWAY.ID - Candi Borobudur akan dilakukan sterilisasi setelah para biksu thudong yang melakukan jalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia tiba pada Rabu, 31 Mei 2023.

Dengan kedatangan para biksu thudong itu, pihak pengelola Candi Borobudur akan mensterilkan area candi dari pengunjung, mulai Kamis, 1 Juni 2023 pukul 13.00 WIB.

Sterilsiasi dilakukan karena akan berlangsung kegiatan ritual keagamaan yang dilakukan biksu thudong dari Thailand.

BACA JUGA:I Wayan Koster Larang Wisatawan Asing dan Lokal Mendaki Gunung di Bali: 'Kawasan yang Disucikan'

Hal tersbut juga sudah dikonfirmasi langsung oleh General Manager Unit Borobudur Jamal Mawardi, di Magelang, Jawa Tengah pada Rabu, 31 Mei 2023.

"Pada 1 Juni mulai pukul 13.00 WIB monumen Candi Borobudur ditutup bagi pengunjung, karena sejumlah biksu thudong akan melakukan puja bakti di candi," ucap Jamal.

Wisatawan tetap boleh berkunjung ke Candi Borobudur, tetapi aktu berkunjung dibuka lebih awal mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

"Jam 12.00 WIB itu posisi sudah berada di candi sehingga satu jam di candi hingga jam 13.00 WIB sudah steril dari pengunjang," kata Jamal melanjutkan.

BACA JUGA:Jaringan Bisnis Suami Puan Hamarani Dikuliti Netizen, Dari Energi Hingga Properti

Biksu thudong akan melakukan ritual keagamaan dari Candi Pawon sekitar pukul 13.00 WIB, diperkirakan sampai Candi Borobudur pukul 13.30 WIB.

"Penyambutan di sini (Borobudur) jam 13.30 WIB di gerbang Kalpataru. Kami buka gerbang Kalpataru sehingga nanti biksu langsung bisa naik ke Candi Borobudur," terang Jamal.

"Ada penyambutan terhadap mereka tetapi bukan seremonial, sebagai respek kami kepada mereka nanti ada pembagian bunga sedap malam sebagai sarana puja mereka pada saat pradaksina di candi," sambungnya.

Meski demikian pengunjung masih bisa datang ke pelataran candi dengan jam reguler biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: