Tiba di Borobudur Magelang, Biksu Thudong Juga Keliling Candi-Candi Yogyakarta

Tiba di Borobudur Magelang, Biksu Thudong Juga Keliling Candi-Candi Yogyakarta

Didampingi Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda, para biksu thudong dan lainnya menggelar ritual pindapata di Pecinan, Rabu 31 Mei 2023.-Magelang Ekspres-

MAGELANG, DISWAY.ID--32 biksu thudong yang berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur, telah tiba di Kota MAGELANG, Jawa Tengah sejak Selasa 30 Mei 2023.

Tiba di Magelang, mereka terlebih dahulu di Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang.

Di Kelenteng Liong Hok Bio sekitar pukul 18.30 WIB, para biksu thudong disambut Wali kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, Kapolres AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, jajaran Forkompimda, hingga ribuan warga Magelang yang telah menunggu kedatangan mereka sejak siang hari.

BACA JUGA:32 Biksu Thudong Lewati Semarang dan Besok Sampai Magelang, Berikut Ritual Perjalanannya

Sebelum masuk kelenteng, para relawan sudah bersiap membasuh kaki mereka menggunakan air kembang. Setelah itu mereka masuk untuk membaca doa.

Biksu Labhiko Mahatera, salah satu penadmping biksu Thudong, berpidato di Kelenteng Liong Hok Bio mengaku terharu dengan segala sambutan hangat dari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan tibanya di Magelang, maka tuntas sudah perjuangan mereka menempuh perjalanan panjang selama 68 hari.

Para biksu thudong hanya diperbolehkan makan di pagi hari, selebihnya selama perjalanan mereka hanya akan minum saja.

"Seandainya kami boleh menangis, tentu kami akan menangis sejadi-jadinya. Karena sambutan masyarakat sungguh luar biasa. Tapi kami tidak bisa (menangis)," ujarnya.

BACA JUGA:Biksu Thudong Thailand Tiba, Candi Borobudur Disterilkan Siang Ini!

Berdasar pantauan Magelang Ekspres (Disway National Network), para biksu thudong telah sampai dan bermalam di Pusdiklat Catra Jinadhammo di Borobudur, Kabupaten Magelang.

Usai tiba di Borobudur, 32 biksu thudong bakal mengunjungi sejumlah candi di Yogyakarta pada Jumat, 2 Juni 2023 besok.

Perjuangan para biksu thudong menempuh perjalanan 68 hari sepanjang 2.600 kilometer tuntas sudah.

Para biksu bermalam di Pusdiklat Catra Jinadhammo di Borobudur, Kabupaten Magelang atau sekitar 4 menit menuju Candi Borobudur Magelang untuk merayakan hari Trisuci Waisak, 4 Juni 2023 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: