Kementerian PUPR Siapkan 52 Ribu Pohon untuk Koridor Jalan Tol IKN

Kementerian PUPR Siapkan 52 Ribu Pohon untuk Koridor Jalan Tol IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau – Sp. Tempadung serta area nursery yang berada di Balikpapan.-Dok. Kementerian PUPR-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan sekitar 52 ribu pohon untuk ditanam di koridor jalan tol Segmen 3B Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara yang menghubungkan KKT Kariangau-Simpang (Sp) Tempadung, Kalimantan Timur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau – Sp. Tempadung serta area nursery yang berada di Balikpapan.

Basuki mengatakan saat ini, beberapa jenis tanaman dari total sekitar 89 jenis tanaman sedang dalam proses adaptasi dengan kondisi setempat.

BACA JUGA:Ini Dia Logo IKN Terbaru, Berikut Arti dan Filosofinya

“Nanti akan ditanam sebagai beautifikasi jalan tol dan dikelompokkan sesuai dengan jenis tanamannya. Beberapa jenis tanaman yang siap ditanam adalah pulai, ketapang kencana, suren, damar, beringin, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol,” Kata Basuki dalam keterangannya, Kamis, 1 Juni 2023.

BACA JUGA:Jokowi Ajak Inggris Berinvestasi ke IKN

BACA JUGA:Untung Rugi DKI Jakarta Jadi Daerah Khusus Jika Diresmikannya IKN Baru

Selama konstruksi jalan tol segmen 3B IKN, akan dibangun 12 tenda pembibitan yang mencakup luas 2,3 hektar.

Area nursery tersebut mendapatkan suplai air dari Sungai Rawa Buaya dengan kapasitas maksimal 5.000 liter per hari.

Sementara itu, pengelolaan area nursery dilakukan oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) sebanyak 30 orang.  

Pembangunan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau - Sp. Tempadung sepanjang 7,325 km sendiri merupakan jalan lanjutan dari segmen 3A Karang Joang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km. Kemudian, jalan tol berlanjut menuju segmen 5A Sp. Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang ditargetkan rampung pada 2024.

BACA JUGA:Kritikan Anies Baswedan Disambut Menteri PUPR

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, pembangunan jalan tol IKN yang nantinya tersambung dengan jalan tol Balikpapan - Samarinda tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

“Nanti kalau sudah ada jalan tol IKN ini waktu tempuh menuju KIPP kira-kira hanya 30-40 menit saja. Kalau sekarang kan masih sekitar 2 jam,” kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: