Rekayasa Lalu Lintas Saat Gelaran Formula E 2023

Rekayasa Lalu Lintas Saat Gelaran Formula E 2023

Kendaraan berat disebut dilarang melintas Tol Dalam Kota pada 5 dan 6 September 2023 mendatang.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.id-- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa Lalu Lintas di sekitar kawasan Ancol, Jakarta Utara saat pelaksanaan Formula E pada 3-4 Juni 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan ada tiga kategori untuk menandakan kepadatan lalu lintas.

"Ada kategori hijau, kuning, dan merah," kata Latif kepada wartawan, Sabtu, 3 Juni 2023.

BACA JUGA:Cuti Bersama Waisak, Car Free Day di Jakarta Ditiadakan

Latif menjelaskan, untuk kategori hijau menandakan jika kendaraan masih tertampung pada kantong parkir dalam Ancol. Selain itu, sirkulasi lalu lintas baik di dalam maupun di luar Ancol berjalan normal. 

Sementara itu, arus lalu lintas dikategorikan kuning jika kantong parkir dalam Kawasan Ancol sudah penuh. Kemudian, sebagian jalan di dalam Ancol sudah digunakan sebagai lokasi parkir. Lalu, antrian menumpuk di pintu masuk kawasan Ancol radius 100-500 meter. 

"Untuk kategori kuning dilakukan pengalihan arus lalin di setiap pintu masuk Ancol, Jembatan Hailay, lampu lalu lintas Bintang Mas, lampu lalu lintas Pasir Putih dan Jembatan PLTU arah ke pintu Karnaval," ucap Latif.

Kemudian parkir diarahkan ke kantong parkir cadangan yaitu sekitaran Kemayoran. Ketiga, dari arah tol: keluar Ancol Barat ditutup dialihkan ke arah Kemayoran.

BACA JUGA:Lionel Messi Mau ke Jakarta, Media Malaysia Malah Ingatkan Gelagat Suporter Indonesia

"Sedangkan, arus lalu lintas dikategorikan merah apabila kantong parkir dalam kawasan Ancol sudah penuh. Kemudian, sebagian jalan dalam kawasan sudah dijadikan sebagai lokasi parkir, " kata Latif.

Lalu, antrean yang menumpuk di pintu masuk Kawasan Ancol. Selanjutnya, kantong parkir cadangan di luar Kawasan Ancol sudah penuh. Berikutnya, jalan di sekitar kawasan Ancol (Lodan Raya, RE Martadinata) sudah macet.

"Sirkulasi lalu lintas tidak bergerak radius kemacetan 1 kilometer," ujar Latif.

Latif menerangkan pengalihan arus lalu lintas akan berlaku di setiap pintu masuk Ancol, perempatan Parangtritis, jembatan Hailay, traffic light bintang mas, traffic light mangga dua, traffic light pasir putih, jembatan goyang, dan jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.

Kendaraan, dari arah penjaringan dialihkan di perempatan parangtritis belok kanan Kembali ke penjaringan atau kampung bandan arah tamansari. Selanjutnya, dari arah Gunung Sahari dialihkan ke kiri ke jalan mangga dua raya jakpus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: