Indonesia Kunci Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Menpora Dito: 'Ini Emas Terbanyak Sepanjang Sejarah'

Indonesia Kunci Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Menpora Dito: 'Ini Emas Terbanyak Sepanjang Sejarah'

Indonesia Kunci Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Menpora Dito: 'Ini Emas Terbanyak Sepanjang Sejarah'-kemenpora-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia berhasil mengunci gelar juara umum ASEAN Para Games 2023, Kamboja, sekaligus meraih hattrick di pesta olah raga disabilitas Asia Tenggara tersebut.

Atas prestasi tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, merasa bangga dan mengapresiasi para atlet di kontingan Indonesia.    

BACA JUGA:393 Jemaah Haji Gelombang Dua Tiba di Makkah, Berlangsung Hingga 22 Juni 2023

"Kita sangat bersyukur ini merupakan kebanggaan bahwa, hari ini sudah bisa dipastikan bahwa Indonesia mendapatkan predikat juara umum Asean Para Games 2023 Kamboja, dan ini yang ketiga kalinya berturut-turut," ujar Menpora Dito, Kamis 8 Juni 2023.

Menpora Dito juga mengungkapkan, yang paling membanggakan adalah perolehan medali emas adalah terbanyak sepanjang keikutsertaan di Asean Para Games diluar sebagai tuan rumah.

BACA JUGA:Omzet Puluhan Miliar Rupiah Dikantogi Sindikat Pemalsu Oli di Wilayah Gresik dan Sidoarjo

Tercatat hingga pukul 17.00 WIB, Indonesia bertengger di puncak perolehan medali sementara dengan total 351 medali, di anatara 137 emas, 132 perak dan 82 perunggu.

"Yang paling spesial adalah perolehan medali emas kita yang terbanyak. Jumlah emas yang didapat adalah tebanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games diluar sebagai tuan rumah," jelasnya.

Di beberapa cabor lain masih ada potensi penambahan medali emas diantaranya dari para bulutangkis, para tenis meja, para renang dan para catur, Menpora Dito berharap jumlah medali Indoensia masih bisa bertambah. 

BACA JUGA:Luhut Bakal Ajukan Audit LSM: Banyak yang Gunakan Dana Gak Jelas

"Semoga dari cabor yang masih tersisa finalnya masih bisa menambahkan perolehan medali emas untuk Indonesia. Kita juga berayukur alhamdulillah hari ini baik itu dari kontingen SEA Games dan Asean Para Games 2023 Indonesia banyak mencetak sejarah dan juga prestasi yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia," ungkapnya. 

Menpora berharap prestasi di Asean Para Games menjadi modal berharga jelang multi even selanjutnya di Asian Para Games 2023.

"Kita jadikan Asean Para Games ini target antara dan pemanasan kita jelang target selanjutnya yakni Asian Para Games Hangzhou agar tetap bisa mendulang prestasi dan medali emas yang banyak. Untuk seluruh saudara dan keluarga saya dari kaum disabilitas ini membuktikan bahwa pemerintah selalu mensupport dan juga tidak ada diskriminasi serta menjunjung tinggi kesetaraan," pungkas Menpora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: