Rumah BUMN Pertamina Gelar Pelatihan UMKM Agar Naik Kelas dan Tingkatkan Daya Saing

Rumah BUMN Pertamina Gelar Pelatihan UMKM Agar Naik Kelas dan Tingkatkan Daya Saing

Rumah BUMN Pertamina diharapkan menjadi wadah untuk berkumpul, mengajar dan membina para pelaku UMKM sehingga bisa ‘Naik Kelas’ menjadi UMKM berkualitas, tangguh, serta meningkatkan akses pemasaran dan permodalan. -pertamina-

JAKARTA, DISWAY.ID – Sebagai perusahaan berkelanjutan, PT Pertamina (Persero) mendapatkan amanah untuk membina 30 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia, dan menaungi lebih dari 9.000 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Peran Pertamina dalam Rumah BUMN ini sejalan dengan upaya perseroan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM, sehingga bisa mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). 

Fadjar Djoko Santoso selaku VP Corporate Communication Pertamina menjelaskan, Rumah BUMN diharapkan menjadi wadah untuk berkumpul, mengajar dan membina para pelaku UMKM sehingga bisa ‘Naik Kelas’ menjadi UMKM berkualitas, tangguh, serta meningkatkan akses pemasaran dan permodalan. 

BACA JUGA:Viral! Panji Gumilang Bentak Anggota Polisi: Kalau Gak Ada Surat Tugas Pulang!

BACA JUGA:Rian Mahendra Bocorkan Trayek Baru PO MTI, Minimal 12 Bus Harus Disiapkan

Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pelatihan, pendampingan perijinan dan sertifikasi, hingga aspek pemasaran dengan metodologi terbaru. 

Salah satunya sejalan dengan jaman digital saat ini, dari seluruh UMKM di Rumah BUMN Pertamina, 4.630 di antaranya telah menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan. 

Sementara itu, lebih dari 3.900 UMKM telah terdaftar di platform penjualan digital (marketplace).

“Kami berharap dukungan kepada UMKM ini dapat mewujudkan UMKM ‘Naik Kelas’ dan kemandirian ekonomi,” jelasnya. 

BACA JUGA:Turis Bali Tak Hanya Jadi Hostess, Ngajak Ribut Picalang Hingga Tindakan Asusila di Tempat Sakral

BACA JUGA:ISESS Minta Penjelasan Kapolri Tentang Laporan LHKPN Polri

Seperti yang dilaksanakan di Rumah BUMN Pertamina Klungkung - Bali, saat ini. 

Rumah BUMN Klungkung mengadakan serangkaian kegiatan Inkubasi Bisnis, yang diikuti oleh 10 UMKM lokal yang telah diseleksi oleh Pertamina. 

Dian Purnama Yanti salah satu peserta yang juga pemilik usaha Moody Cake, menyimak dengan seksama pelatihan foto produk menggunakan kamera telepon seluler. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: