Camkan! Erick Thohir Ancam Penjarakan Wasit hingga Klub yang Terlibat 'Mafia Bola': Tidak Boleh Pertandingan Ditentukan Bandit!

Camkan! Erick Thohir Ancam Penjarakan Wasit hingga Klub yang Terlibat 'Mafia Bola': Tidak Boleh Pertandingan Ditentukan Bandit!

Erick Thohir.-Dok/PSSI -

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberi peringatan keras kepada seluruh wasit yang akan memimpin kompetisi musim ini di Liga 1, Liga 2, Liga 3.

Erick mengingatkan, tidak boleh dalam sebuah pertandingan ditentukan oleh seorang bandit dan berdasarkan wangsit atau pesanan.

"Kita tidak berharap ketika wasit meniup peluit itu karena aturan dari bandit. Ini penting sekali," kata Erick dalam jumpa pers di GBK Arena, Jakarta, Kamis 22 Juni 2023.

"Kita juga tidak berharap kapabilitas wasit itu hanya berdasarkan wangsit," sambungnya.

BACA JUGA:Wow! Erick Thohir Dapat Sarung Tangan Kesayangan Emi Martinez: Gracias, Amigo

"Kita akan bersama-sama membersihkan sepak bola Indonesia dari mafia sepak bola," lanjutnya.

Selain itu, Erick bahkan mengancam pemain dan pemilik klub yang terlibat. Bahkan, pengurus PSSI yang terlibat akan dihukum serius oleh federasi dan dibawa ke ranah hukum.

"Kami jajaran kepengurusan PSSI sudah sepakat kalau ada yang main-main di lapangan, pemain, wasit, pemilik, termasuk pengurus, kalau memang ada main-main kita hukum seumur hidup," tegasnya.

BACA JUGA:Terjawab! Erick Thohir Beberkan Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Kemungkinan Juli Ini Akan...

Untuk memperbaiki kualitas wasit yang akan memimpin liga, PSSI menggelar seleksi wasit. Seleksi tersebut dipimpin dua instruktur wasit asal Jepang didampingi delapan wasit nasional.

"Alhamdulillah kerja sama dengan JFA kemarin sudah ada bukti konkret," pungkasnya. 

Seleksi Wasit

Kualitas wasit Indonesia untuk memimpin Liga 1 2023/24 mendapat sorotan dari FIFA. Pasalnya, dari total 160 lebih pengadil lapangan (wasit) yang mengikuti tes cuma 18 orang saja yang lolos.

"Teman-teman dari FIFA itu agak terkejut karena dari 160-an wasit tengah itu hanya 18 yang lolos," kata direktur utama PT LIB Ferry Paulus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: