Polri Pastikan Pengamanan Liga Indonesia Sesuai Standar Internasional: Polisi di Luar Stadion, Steward di Dalam

Polri Pastikan Pengamanan Liga Indonesia Sesuai Standar Internasional: Polisi di Luar Stadion, Steward di Dalam

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan penyidikan polemik pimpinan pondok pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang tetap berjalan. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Polri menyatakan terus berkomitmen melakukan pengamanan kompetisi sepak bola Indonesia sesuai dengan standar internasional

"Sesuai dengan komitmen Polri untuk bisa betul-betul melaksanakan pengamanan dengan standar internasional," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Senin, 26 Juni 2023.

Listyo mengatakan bahkan Indonesia sudah mengundang para instruktur dari Coventry University untuk memberikan pelatihan soal manajemen keamanan stadion.

BACA JUGA:Erick Thohir Apresiasi Satgas Anti Mafia Bola Besutan Kapolri: Bukti Konkret, Bukan Asumsi Atau Tebak-tebakan

"Beliau ahli dalam sepakbola pengurus-pengurus yang selalu ikut dalam pertandingan-pertandingan internasional FIFA,” ujar Listyo. 

“Kami laksanakan pelatihan pada saat itu yang diikuti personil Polri. Kemudian juga pengurus Liga, kemudian juga ada perwakilan suporter sehingga kemudian kami ingin bahwa penyelenggaraan Liga di Indonesia ke depan kita menggunakan standar pengamanan internasional,” sambungnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan pola pengamanan kini telah berubah. Saat ini, kata Listyo, anggotanya tak lagi berada di dalam stadion. 

Sementara di dalam lapangan hanya ada petugas steward. Petugas Kepolisian baru boleh memasuki lapangan apabila sudah mendapatkan arahan dari panitia pelaksana pertandingan.

"Kalau rekan-rekan lihat di sekeliling lapangan hanya terlihat steward dengan seragam khusus menghadap ke penonton, sesuai dengan tugas yang dilaksanakan oleh mereka. Polri, akan masuk pada saat nanti panitia pelaksana pertandingan, kemudian meminta Polri untuk masuk. Selama tidak ada itu maka kami tetap berada di luar," lanjut dia.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Ungkap Nasib Al Zaytun Setelah Panji Gumilang Tak Bisa Jawab Tim Investigasi dan Malah Minta Klarifikasi Tertulis

Ia berharap adanya kerjasama seluruh pihak terutama antar suporter demi kompetisi sepak bola di Indonesia berjalan dengan lancar. 

"Jadi perubahan-perubahan itu saat ini terus kami lakukan perbaikan, sehingga kemudian di sisi penyelenggaraan liga berjalan dengan baik, dengan adanya pengawasan potensi pengaturan skor, di sisi pengamanan kami juga lakukan perbaikan-perbaikan dan ini sudah kami mulai dan tentunya kami terus evaluasi, kami terus melakukan studi banding," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: