Ponpes Al Zaytun Diduga Dilindungi 'Instana', Presiden Jokowi: Saya Dong!

Ponpes Al Zaytun Diduga Dilindungi 'Instana', Presiden Jokowi: Saya Dong!

ILustrasi Jokowi pusing.-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

BACA JUGA:Menohok! Pendeta Saifudin Kuliti Sosok Anak Panji Gumilang yang Diduga Cabul di Ponpes Al Zaytun: Berapa Wanita Lagi yang akan Kamu Rusak

Moeldoko menuturkan, sangat tidak mungkin dirinya bekerjasama atau berkolaborasi dengan pihak yang justru mengajarkan penyimpangan dan menyesatkan umat.

"Ga mungkin saya berkolaborasi dengan kelompok yang dikatakan ini dan itu," tegas Moeldoko.

Moeldoko menegaskan, mengenai Ponpes Al Zaytun, jika memang terbukti adanya penyimpangan agama maka MUI harus segera bertindak.

Begitupun sebaliknya, jika ada penyimpangan dan pelanggaran terhadap ideologi, maka negara harus segera bertindak untuk menyelesaikannya.

"Jangan biarkan ini jadi percakapan publik yang ngawur," tuutupnya.

BACA JUGA:Nah! Panji Gumilang Resmi Dipolisikan Terkait Penistaan Agama

Kajian MUI

Menurut kajian Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ponpes Al Zaytun sudah meneliti ponpes tersebut sejak 2002 dan mengungkapkan kontroversi terkait dengan doktrin ajaran, afiliasi kelembagaan dan konsep keagamaan yang dipahaminya.

MUI menemukan adanya indikasi penyimpangan paham keagamaan dalam masalah zakat fitrah dan kurban yang diterapkan pimpinan Al Zaytun, 

Sebagaimana dimuat dalam majalah Al Zaytun, hingga aspek kepemimpinan Panji Gumilang dan sejumlah pengurus yayasan yang memiliki kedekatan dengan organisasi NII KW IX.

BACA JUGA:Panji Gumilang Datangi Panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Enggan Klarifikasi Langsung Hingga Minta Pertanyaan Tertulis

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD telah menyampaikan akan ada tiga tindakan dalam penanganan polemik kegiatan Pondok Pesantren Al Zaytun.

Pertama, penanganan dugaan tindak pidana di Al Zaytun akan diserahkan kepada kepolisian.

Kedua ialah pemberian sanksi administrasi kepada Pondok Pesantren Al Zaytun yang mempunyai lembaga pendidikan secara berjenjang sampai tingkat perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: