Panji Gumilang Datangi Panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Enggan Klarifikasi Langsung Hingga Minta Pertanyaan Tertulis

Panji Gumilang Datangi Panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Enggan Klarifikasi Langsung Hingga Minta Pertanyaan Tertulis

Pimpinan Al Zaytun Syaikh Panji Gumilang saat memenuhi panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Pemprov Jabar, Bandung.-Al Zaytun Official-

BANDUNG, DISWAY.ID-- Pimpinan Mahad Al Zaytun Indramayu, Syaikh Panji Gumilang datang memenuhi panggilan tim investigasi MUI di Gedung Sate, Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Panji Gumilang datang dengan sejumlah orang untuk mengklarifikasi terkait dugaan ajaran menyimpang atau tidak sesuai akidah Islam. 

Kedatangan Panji Gumilang, Jumat 23 Juni 2023 petang, disambut tim investigasi bentukan Gubernur Jawa Barat yang terdiri dari pengurus MUI, Kementerian Agama Jawa Barat, tokoh masyarakat alim ulama dan TNI serta Polri. 

BACA JUGA:Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Dipanggil MUI ke Gedung Sate 

Pertemuan yang dimulai lebih kurang pukul 16.00 sampai dengan 17.25 WIB itu dilakukan tertutup untuk awak media.

Informasinya, dalam pertemuan tersebut Panji Gumilang meminta agar apa yang menjadi pertanyaan dan perlu diklarifikasi dilakukan secara tertulis.

Panji Gumilang disebut enggan menyampaikan klarifikasi secara langsung. Bukan hanya itu, pria kelahiran Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim) itu juga menolak ketemu dengan Tim Investigasi Majelis MUI Pusat.

Panji Gumilang menegaskan kalau dirinya hanya mau bertemu dengan tim bentukan Pemprov Jabar, yang di dalamnya juga ada perwakilan MUI Jawa Barat.

Karenanya, Ketua Komisi Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan MUI Firdaus Syam mengaku sangat menyayangkan sikap itu. Mengingat ada banyak hal yang perlu diklarifikasi langsung.

Poin-poin klarifikasi itu, di antaranya menyangkut pernyataan dari Syekh Panji Gumilang sendiri. Misalnya soal Al Quran, maupun hal lain yang mengundang kontroversi.

BACA JUGA:Jaga Etika Politik, PDI Perjuangan Tak Undang Partai Demokrat ke Puncak Peringatan Bulan Bung Karno

"Kita akan meminta kesediaan Panji Gumilang untuk bisa mengklarifikasi pertanyaan-pertanyaannya meski sebetulnya Tim MUI ini sudah memiliki fakta data yang sudah sangat akurat," katanya, Sabtu 24 Juni 2023.

Ketua Tim Investigasi Pemprov Jabar, Badruzzaman M Yunus juga menyatakan hal senada. Meski telah bertemu dengan Panji Gumilang, namun belum bisa mengklarifikasi.

"Tadinya kami ingin mengklarifikasi apa yang beredar di masyarakat dan di media. Tapi nampaknya beliau itu minta waktu kepada kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: