Panji Gumilang Datangi Panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Enggan Klarifikasi Langsung Hingga Minta Pertanyaan Tertulis

Panji Gumilang Datangi Panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Enggan Klarifikasi Langsung Hingga Minta Pertanyaan Tertulis

Pimpinan Al Zaytun Syaikh Panji Gumilang saat memenuhi panggilan Tim Investigasi di Gedung Sate, Pemprov Jabar, Bandung.-Al Zaytun Official-

Misalnya mengenai Mahzab Bung Karno. Ditegaskan Panji Gumilang, dirinya bermahzab pada Bung Karno dalam hal pembaruan. Kemudian bermahzab pada Presiden Soeharto dalam hal pembangunan.

Sehingga pernyataannya terkait mahzab tersebut, bukan dalam hal keagamaan. Namun dalam hal pembaharuan dan pembangunan.

Sedangkan terkait tanah yang suci adalah Indonesia, tidak berkaitan dengan tanah suci umat Islam yakni Makkah dan Madinah.

Ketua Dewan Pengawas LKM Rahmatan Lil Alamin, Datuk MYR Agung Sidayu menyampaikan, soal pernyataan Indonesia tanah yang suci berasal dari potongan video yang tidak tuntas memuat penjelasan. Di mana sesungguhnya, Syekh Panji Gumilang sedang membicarakan nasionalisme. Bukan dalam konteks ibadah.

BACA JUGA:Ganjar Kenang Pertemuan Terakhir Dengan Desmond J Mahesa: Sampean Kurang Sehat Ya

Menurutnya, dalam Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, juga memuat syair mengenai Tanah yang Suci. Terutama dalam Lagu Indonesia Raya 3 Stanza.

Lagu tersebut memang terbiasa dinyanyikan di Mahad Al Zaytun dalam berbagai kesempatan, untuk memperkuat dan menanamkan rasa nasionalisme di kalangan santri.

"Nasionalisme dimulai dari kecintaan terhadap lagu kebangsaan, kemudian di wujudkan dalam kehidupan keseharian," kata MYR Agung Sidayu.


Polisi dan massa dari Al Zaytun ketika pendemo semakin mendekat, Kamis 15 Juni 2023-Instagram-

Tentu saja, pernyataan tersebut tanpa tendensi atau maksud untuk mensucikan Tanah Air Indonesia. Apalagi meng-uderesitimate Mekkah.

Sementara itu, terkait klarifikasi yang dilakulan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat mengatakan pihaknya ingin melakukan konfirmasi atas kegiatan di Mahad Al Zaytun itu sesuai dengan kewenangannya.

"Kita kan ingin mengonfirmasi dan mengklarifikasi," kata Iip di Gedung Sate, terkait dengan pemeriksaan Syekh Panji Gumilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: