Bagaimana Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing? Awas, Jangan Sampai Salah Ini Tipsnya

Bagaimana Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing? Awas, Jangan Sampai Salah Ini Tipsnya

Cara mudah membedakan daging sapi dan kambing-Delemon Tube-YouTube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Secara visual, daging sapi dan daging kambing dapat sulit dibedakan dengan pasti.

Beberapa orang mungkin memiliki pengalaman dan kepekaan yang lebih baik dalam membedakan keduanya, tetapi untuk sebagian orang, membedakan secara akurat hanya dengan melihat dan mencium daging dapat menjadi sulit.

Jika Anda ingin memastikan jenis daging dengan lebih akurat, lebih baik bertanya kepada penjual atau ahli daging yang dapat memberikan informasi yang pasti.

BACA JUGA:Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Jika Makan Daging Sapi atau Kambing Terlalu Banyak

Selain itu, periksa juga label atau keterangan pada kemasan jika Anda membeli daging yang sudah dikemas secara komersial.

Dikutip dari femme.id Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membedakan daging sapi dan kambing.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Warna dan tekstur daging: Secara umum, daging sapi memiliki warna yang lebih terang, seperti merah muda atau merah cerah, sedangkan daging kambing cenderung lebih gelap, seperti merah tua. Selain itu, tekstur daging sapi biasanya lebih lembut dan halus, sedangkan daging kambing sedikit lebih kasar.

BACA JUGA:Kapolri Serahkan10 Ton Daging Rendang dan Ribuan Ekor Hewan Kurban kepada Masyarakat

2. Bau: Setiap jenis daging memiliki aroma khasnya sendiri. Daging sapi memiliki aroma yang lembut dan agak manis, sementara daging kambing memiliki aroma yang lebih tajam dan kuat. Anda bisa mencium aroma daging untuk membedakan keduanya.

3. Bentuk dan ukuran: Secara umum, potongan daging sapi cenderung lebih besar dan berotot, sementara potongan daging kambing lebih kecil dan lembut. Jika Anda melihat potongan daging yang besar dengan serat otot yang jelas, kemungkinan besar itu adalah daging sapi. Jika potongan daging lebih kecil dan seratnya lebih halus, itu bisa jadi daging kambing.

4. Tulang: Menilik tulang juga dapat membantu dalam membedakan jenis daging. Tulang daging sapi biasanya lebih besar dan tebal, sedangkan tulang daging kambing lebih kecil dan ramping.

Meskipun cara-cara ini dapat memberikan indikasi awal, namun tidak selalu dapat diandalkan sepenuhnya. Jika Anda memiliki keraguan, lebih baik bertanya kepada penjual atau ahli daging untuk memastikan jenis daging yang Anda beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: