Kemlu Pastikan WNI Tidak Terdampak Kerusuhan di Prancis

Kemlu Pastikan WNI Tidak Terdampak Kerusuhan di Prancis

Akibat penembakan remaja 17 tahun berujung kerusuhan di Prancis pada Rabu 27 Juni 2023.-Tangkapan layar video twitter @arnoldschruof-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak atau terlibat dalam kerusuhan di Prancis, yang dipicu penembakan fatal oleh polisi terhadap pemuda 17 tahun.

“KBRI Paris telah berkoordinasi dengan kepolisian Kota Nanterre serta simpul-simpul masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia  Kemlu RI, Judha Nugraha, melalui keterangan tertulisnya, Jumat 30 Juni 2023.

BACA JUGA:Lengkap! Tata Cara, Persyaratan hingga Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah Juli 2023, Gak Mahal Kok! Begini Rinciannya

Penyebab Kerusuhan di Paris

Sebelumnya, kerusuhan meletus di Prancis setelah polisi menembak mati pemuda Prancis keturunan Aljazair, Nahel (17), karena ia tidak mengikuti perintah berhenti untuk pemeriksaan lalu lintas pada Selasa 27 Juni 2023 di Kota Nanterre di pinggiran Paris.

Sejak itu, kerusuhan menyebar ke daerah pinggiran Paris lainnya, seperti Seine-Saint Denis dan Villeurbanne, serta kota-kota besar lainnya termasuk Nantes dan Toulouse hingga Rabu malam 28 Juni 2023.

BACA JUGA:TPA Cipayung Kembali Longsor, 1 Rumah Rusak Parah

Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan semua opsi, termasuk menyatakan keadaan darurat, untuk memulihkan kembali hukum dan ketertiban.

Jaksa mengatakan petugas yang membunuh remaja tersebut telah didakwa dengan pembunuhan secara sukarela dan ditempatkan dalam penahanan pra-sidang.

BACA JUGA:Tersangka Kasus Klinik Aborsi di Kemayoran Jadi 9 Orang, Bakal Bertambah?

Lebih dari 800 orang telah ditangkap di seluruh Prancis, dengan bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi dilaporkan terjadi di banyak kota termasuk Paris, Bordeaux, Lyon, Roubaix, Marseille. dan Lille.

Para pengunjuk rasa membakar berbagai bangunan dan merusak properti publik. Video yang beredar di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa menjarah restoran dan toko.

BACA JUGA:Dramatis! Liverpool Selesaikan Transfer Dominik Szoboszlai Sebelum 1 Juli 2023

Bangunan umum termasuk sekolah juga menjadi sasaran, dan belasan bus umum dibakar di wilayah Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: