Kejagung Periksa Menpora Dito Ariotedjo Terkait Dugaan 'Pengamanan' Kasus Korupsi BTS

Kejagung Periksa Menpora Dito Ariotedjo Terkait Dugaan 'Pengamanan' Kasus Korupsi BTS

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Kuntadi-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Kuntadi mengatakan pemeriksaan Menpora Dito Ariotedjo bukan terkait langsung dengan kasus korupsi pengadaan BTS Bakti Kominfo. Melainkan dugaan upaya 'pengamanan' kasus tersebut.

"Terkait dengan materi pertanyaan tentu saja, tidak bisa kami sampaikan di sini. Namun yang jelas, bahwa peristiwa tersebut kalau toh benar adanya nanti, itu di luar tempus (waktu kejadian) peristiwa pidana BTS. Jadi tolong dibedakan," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Kuntadi, kepada wartawan, Senin, 3 Juli 2023.

BACA JUGA:Kronologi Bus Trans Jogja Gagal Nanjak di Tanjakan Gemulung, Lalu Terguling Masuk Jurang

Dia menyebut kasus korupsi proyek penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022, telah selesai secara waktu pidananya.

"Selanjutnya, terinfo dalam rangka untuk menangani atau mengendalikan penyidikan terhadap upaya untuk mengumpulkan dan memberikan sejumlah uang. Sehingga dari hal tersebut nampak jelas bahwa peristiwa ini tidak ada kaitan dengan tindak pidana yang menyangkut proyek BTS paket 1 sampai 5," papar Kuntadi.

BACA JUGA:Resmi! Mario Dandy Ditetapkan Tersangka Kasus Pencabulan pada AG

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo telah selesai menjalani pemeriksaan selama 2 jam. 

Dito diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan keterlibatan dalam kasus pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

Dugaan keterlibatan Menpora Dito Ariotedjo itu disebut dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terdakwa Irwan Hermawan. Diketahui, pria yang kerap disapa Dito Ariotedjo diduga menerima aliran dana sebanyak Rp 27 Miliar.

BACA JUGA:Pengemudi Ojol Tewas Gantung Diri di Jagakarsa, Diduga Depresi Soal Kehidupan

Politisi Partai Golkar itu membantah jika dirinya terlibat dalam kasus dugaan korupsi BTS Kominfo itu. 

"Jadi sebenernya saya dari awal ingin sekali secepatnya mengklarifikasi agar isu ini tidak berlarut-larut," ujar Dito Ariotedjo di Kompleks Kejagung RI pada Senin 3 Juli 2023.

"Dan alhamdulillah hari ini telah dilaksanakan tadi hampir 2 jam kita banyak memberikan keterangan, diskusi," lanjutnya.

BACA JUGA:Baru Bebas 15 Tahun Penjara, Pria Ini Baru Mengaku Jadi Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: