Ribut Renovasi JIS, Jubir Anies Baswedan: Cari Proyek Rumput!

Ribut Renovasi JIS, Jubir Anies Baswedan: Cari Proyek Rumput!

Ilustrasi Jakarta International Stadium (JIS)-Rizky Ari Gunawan/Disway.id-

"Jelas punya kepentingan bisnis. Jadi, apa hasil evaluasinya bisa dipercaya? Secara metode kok bisa rumput yang disampling, justru yang di luar garis batas pertandingan?," tegasnya.

BACA JUGA:Resmi! 6 Stadion Bakal Digunakan Piala Dunia U-17, JIS Termasuk?

Selain itu, kata Surya, ada yang aneh ketika proses evaluasi belum selesai tetapi Menteri PUPR sudah membawa kontraktor.

"Lebih parah lagi, baru sekali berkunjung tiba-tiba sudah keluar nilai proyek Rp 6 miliar. Ini mau perbaiki JIS atau mau cari proyek rumput?” ujarnya.

JIS Dibangun Oleh karya Anak Bangsa

JIS dibangun oleh tenaga kerja anak bangsa dibantu konsultan Buro Happold yang juga membangun Tottenham Hotspurs Stadium, di Inggris.

"Sehingga, desainnya tentu mengikuti standar dan FIFA Stadium Guideline yang juga digunakan di Tottenham Hotspurs Stadium," terangnya.

BACA JUGA:Jokowi 'Senggol' JIS! Sinyal Kuat Bakal Dipakai Piala Dunia U-17 2023

Mengenai fasilitas parkir yang juga dipermasalahkan, kata Surya, FIFA stadium guideline tidak menyebutkan batas minimal parkir yang harus disediakan.

“JIS sendiri saat ini memiliki 1.200 parkir yang diprioritaskan untuk tim, penonton dengan disabilitas, VVIP, dan undangan khusus," jelasnya. 

"JIS juga didukung kantong parkir yang berada di area sekitar, seperti RS Sulianto Saroso, Kemayoran dan Ancol," imbuhnya

PUPR Ganti Rumput JIS

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku akan mengganti semua rumput di JIS.

BACA JUGA:Ini Bukti Nyata JIS Belum Penuhi Standar FIFA, Netizen: Jangan Sampai Tragedi Kanjuruhan Terulang

Rencana itu tertuang ketika Basuki meninjau JIS bersama Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: