Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Harap TPS Ramah Disabilitas

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Harap TPS Ramah Disabilitas

Ilustrasi pemilih disabilitas -dok Bawaslu-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengharapkan dalam Pemilu 2024, seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Tanah Air ramah terhadap penyandang disabilitas, tidak seperti dalam Pemilu-Pemilu sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Ketua Bawaslu RI, Lolly Suhenty melalui keterangan tertulisnya, usai d Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas di Jakarta, Kamis 6 Juli 2023.

BACA JUGA:Cak Nun Alami Pendarahan Otak Hingga Tak Sadarkan Diri di Rumah Sakit, Jamaah: Mohon Keikhlasan Doanya

Pada Pemilu 2019, Lolly menyampaikan pihaknya mencatat terdapat 2.366 TPS yang tidak dapat diakses atau tidak ramah terhadap penyandang disabilitas. 

Akan tetapi, pada Pilkada 2020, jumlah TPS yang tidak ramah disabilitas berkurang menjadi 1.089 TPS.

Dengan demikian, Lolly mengaku optimistis di Pemilu 2024, seluruh TPS ramah bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Agar Dapat Guncang Dunia, Wapres Ingin Anak Muda Indonesia Bebas Stunting

"Apakah ini mungkin? Mungkin," ujarnya.

Lolly menegaskan, Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas itu dapat menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk menyadari pelaksanaan Pemilu 2024 harus lebih baik, terutama bagi penyandang disabilitas.

"Deklarasi ini menjadi momentum bagi Indonesia bahwa Pemilu 2024 harus berbeda. Bedanya apa? Tidak ada lagi warga negara yang kehilangan hak pilihnya, termasuk teman-teman disabilitas. Tidak ada lagi warga negara yang kesulitan mengakses TPS, termasuk disabilitas," tegas Lolly.

BACA JUGA:Innalillahi, Cak Nun Tak Sadarkan Diri di Rumah Sakit Gegara Pendarahan Otak

Ia menambahkan, dalam Pemilu 2024, seharusnya tidak ada lagi warga negara yang mengalami diskriminasi saat memberikan hak pilih di bilik suara.

Sebelumnya dalam deklarasi itu, Bawaslu RI bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND), Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA), dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) menyatakan komitmen mendukung Pemilu 2024 ramah disabilitas.

BACA JUGA:Batang Hidung Teddy Minahasa Tak Terlihat di Sidang Banding, Tahu Bakal Ditolak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: