Bawaslu Minta TPS Untuk Pemilu Disesuaikan Dengan Penyandang Disabilitas

Bawaslu Minta TPS Untuk Pemilu Disesuaikan Dengan Penyandang Disabilitas

Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenti-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilu 2024 disesuaikan untuk penyandang disabilitas

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plh. Ketua Bawaslu RI, Lolly Suhenti saat konferensi pers acara Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas di Hotel Grand Syahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Juli 2023.

"Harapan kami, (Pemilu) 2024 tidak ada lagi TPS yang tidak ramah disabilitas," ujar Lolly Suhenti kepada awak media. 

Sebelumnya, Lolly sempat menyampaikan bahwa di Pemilu 2019 lalu, pihaknya mencatat ada 2.366 TPS yang tidak dapat diakses oleh para penyandang disabilitas. 

Namun, angka tersebut berkurang saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, yaitu sebanyak 1.089 TPS yang tidak ramah disabilitas. 

Oleh sebab itu, tambah Lolly, dirinya optimis bahwa TPS yang tidak ramah penyandang disabilitas akan kembali berkurang di Pemilu 2024.

"Apakah ini mungkin? Mungkin," kata Lolly Suhenti. 

Selain itu, Lolly juga tidak ingin para penyandang disabilitas kehilangan hak suaranya di Pemilu 2024. 

Maka dari itu, dia ingin di pemilu nanti dapat berlangsung lebih baik lagi dibandingkan pemilu sebelumnya. Bahkan, Lolly berharap tidak ada dikriminatif terhadap penyandang disabilitas. 

"Deklarasi ini menjadi momentum bagi Indonesia bahwa Pemilu 2024 harus berbeda. Bedanya apa? Tidak ada lagi warga negara yang kehilangan hak pilihnya, termasuk teman-teman disabilitas," kata Lolly. 

"Tidak ada lagi warga negara yang kesulitan mengakses TPS, termasuk disabilitas," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: