TNI AU Resmi Terima Pesawat C-130 Super Hercules A-1340 dari Menhan Prabowo

TNI AU Resmi Terima Pesawat C-130 Super Hercules A-1340 dari Menhan Prabowo

TNI AU Resmi Terima Pesawat C-130 Super Hercules A-1340 dari Menhan Prabowo-dispenau-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan Pesawat C-130 Super Hercules A-1340 kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Tentara Nasional Indonesia (TNI) Fadjar Prasetyo di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis 6 Juli 2023.

dikutip dari keterangan resmi Dispenau, serah terima tersebut ditandai dengan pemberian replika kunci secara simbolis sebagai tanda jika pesawat siap untuk dioperasionalkan oleh TNI AU.

BACA JUGA:Longsor di Lumajang: 3 Orang Tewas Tertimbun, Jalan Utama Dampit Tertutup

Sebelum menyerahkan replika kunci kepada KSAU Marsekal Fadjar, Prabowo melakukan penyiraman dan pecah kendi di Pesawat Super Hercules dengan tail number A-1340.

Usai melakukan penyerahan kepada TNI AU, Prabowo, KSAU Marsekal Fadjar, mengajak beberapa jurnalis masuk ke dalam pesawat untuk joy flight dipiloti Mayor Pnb Chandra.

BACA JUGA:BRIN Klaim Dapat Hasil Penelitian Nikuba Temuan Aryanto Misel, Ternyata Begini Hasilnya

Pesawat buatan Lockheed Martin AS yang melakukan joyflight merupakan pemberian kedua dari lima pengadaan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI yang tertuang melalui kontrak pada Agustus 2019 lalu.

Pesawat pertama dengan nomor seri A-1339 tiba pada Senin 6 Maret 2023. Kemudian pesawat kedua bernomor seri A-1340 tiba pada Rabu 28 Juni 2023.

BACA JUGA:Momen Hari Keluarga Nasional, Wapres Sebut Keluarga Kunci Atasi Stunting

Kelima pesawat nantinya akan ditempatkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai pesawat angkut berat untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AU baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Pesawat C-130 J Super Hercules memiliki kelebihan dari aspek avionik dan mesin dibandingkan dengan Hercules Tipe H dan B yang sebelumnya dimiliki TNI AU.

BACA JUGA:Nikuba Dapat Dukungan Dari Komisi VII DPR RI: Diremehin Bangsa Sendiri, Dihargai di Dunia Internasional

Dengan kelebihan avionik dan mesin yang dimiliki C-130 J Super Hercules, pesawat tersebut bisa terbang lebih jauh dengan kecepatan yang lebih baik. Bahkan, dikatakan bahwa C-130 J Super Hercules mampu mengangkut muatan hingga 20 ton. Selain untuk mengangkut pasukan, pesawat multifungsi itu juga dapat digunakan untuk VIP.

Ruang pesawat yang besar bisa membawa 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur serta 92 pasukan terjun payung. Pesawat itu juga dibekali dengan sejumlah fitur di antaranya aspek peningkatan perlindungan bahan bakar serta sistem penanganan kargo yang ditingkatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: