Eks Ketum PSSI Mochamad Iriawan Akui Kemegahan JIS, Tapi Sarana dan Prasarananya Belum 100 Persen!

Eks Ketum PSSI Mochamad Iriawan Akui Kemegahan JIS, Tapi Sarana dan Prasarananya Belum 100 Persen!

Instagram Mochamad Iriawan -Instagram Mochamad Iriawan -Instagram Mochamad Iriawan

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan ikut angkat bicara terkait polemik Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang tengah menjadi perhatian publik.

Menurutnya, perihal rumput JIS yang saat ini sedang dipermasalahkan oleh PSSI di bawah komando Erik Thohir sudah sesuai dengan standar FIFA.

Hal itu berdasarkan hasil peninjauan FIFA yang datang langsung memeriksa stadion yang berlokasi di Jakarta Utara tersebut saat dirinya masih menjabat sebagai Ketum PSSI.

"Saya enggak tahu sekarang apa rumput tersebut akan diganti atau tidak. Yang jelas waktu FIFA datang, ya, itu yang kami dengar, ya [rumput sudah sesuai standar]," kata Iwan Bule di Jakarta, Minggu 9 Juli 2023.

BACA JUGA:JIS Direnovasi, Hensat Minta Pendukung Anies Baswedan Bersikap Santai

Iwan Bule spaan akrabnya menjelaskan, bahwa pada September 2022 lalu, PSSI telah melakukan pemeriksaan terhadap JIS jelang FIFA Matchday kontra Curacao. 

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan rumput sudah sesuai standar FIFA, namun masalah lain berada di akses.

"Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA. Namun, yang kita soroti itu sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100 persen," pernyataan Yunus dikutip dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA:Nah Lho! Buro Happold Hapus JIS dari Daftar Portofolio, Kok Bisa?

Perihal rumput, Erick Thohir selaku Ketum PSSI periode 2023-2027 telah melakukan pemeriksaan terhadap JIS pada 4 Juli lalu.

Peninjauan dilakukan bersama Menpora, Dito Ariotedjo; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono,;dan Pj Gubernur DKI, Jakarta Heru Budi Hartono.

Usai pemeriksaan tersebut, Basuki mengungkapkan bahwa rumput JIS tidak sesuai dengan standar FIFA. Rencananya, rumput tersebut akan diganti baru yang bernilai Rp 6 miliar.

BACA JUGA:Dibela Mardani, Stadion JIS bukan Punya Anies Baswedan, Biar FIFA yang Menilai Rumputnya Layak Atau Tidak!

"Kondisi rumput JIS sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games 2018, jelas tidak masuk dalam standar FIFA,” ucap Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: