November 2023, Pertemuan Forum MABIMS ke-20 Digelar di Singapura

November 2023, Pertemuan Forum MABIMS ke-20 Digelar di Singapura

Musyawarah teknis MABIMS pada 10 – 13 Juli 2023. Selain membahas persiapan penyelenggaraan forum MABIMS ke-20, dibahas juga penyusunan Tafsir Ilmi Ayat-ayat Kauniyah.-kemenag RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Forum Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) akan menggelar pertemuan di Singapura pada November 2023 mendatang.

Pertemuan Forum MABIMS ke-20 tersebut digelar merupakan hasil kesepakatan bersama dalam Musyawarah Tim Teknis Sekretariat MABIMS di Brunei Darussalam.

Musyawarah teknis sendiri berlangsung empat hari, 10 – 13 Juli 2023.

BACA JUGA:Perbedaan Idul Adha Sejumlah Negara dengan Arab Saudi, Penjelasan Mudah PBNU, Ada Kriteria Baru MABIMS

Selain membahas persiapan penyelenggaraan forum MABIMS ke-20, dibahas juga penyusunan Tafsir Ilmi Ayat-ayat Kauniyah.

Hadir mewakili Indonesia, Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muchlis M Hanafi dan Kabag Hubungan Kerja sama Luar Negeri yang juga Ketua Sekretariat MABIMS RI Khoirul Huda Basyir.

Forum ini diikuti Setiausaha Tetap Kementerian Hal Ehwal Ugama Negara Brunai Darussalam, Mohammad Rosli Bin Haji Ibrahim, Ketua Bahagian Perhubungan Awam, Antarabangsa dan MABIMS, Kementerian Hal Ehwal Ugama, Negara Brunei Darussalam, yang juga Ketua Sekretariat MABIMS Brunei beserta delegasi dari Negara Brunei Darussalam, Haji Mohd Albi Bin Haji Ibrahim, Penolong Pengarah Kanan, Bahagian Dakwah, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Beserta delegasi dari Negara Malaysia, Puan Mastura Binti Mohamed Tahir, Penolong pengarah, Komunikasi Strategik , Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) Pegawai Sekretariat MABIMS Republik Singapura Beserta delegasi dari Republik Singapura, Tuan Ibrahim Sawifi.

Menurut Khoirul Huda Basyir, Musyawarah MABIMS ke-19 di Jakarta yang diselenggarakan secara virtual (karena pandemi), telah menyepakati bahwa pertemuan SOM ke 47 dan MABIMS ke 20 akan dihelat di Republik Singapura.

BACA JUGA:Seleksi Pejabat Eselon II Sekretariat Kabinet, 15 Orang Memenuhi Persyaratan

“Alhamdulillah saat ini telah disepakati waktunya, yaitu pada 12 sd 17 November 2023,” terang Khoirul Huda di Brunei, Rabu 12 Juli 2023.

Sebagai tindak lanjut persiapan, lanjut Khoirul Huda, Indonesia sebagai negara penghubung akan menggelar terlebih dahulu pertemuan Jawatankuasa Teknikal Sekretariat MABIMS pada Agustus 2023.

“Untuk kepastian waktu dan tempat akan disampaikan melalui surat resmi dari Kementerian Agama RI kepada negara-negara anggota MABIMS,” tegasnya.

Mewakili delegasi Indonesia, Khoirul Huda menegaskan bahwa musyawarah di Brunei Darussalam ini memiliki urgensi dan relevansi yang tinggi, bukan saja untuk kepentingan negara anggota MABIMS akan tetapi juga untuk kemaslahatan negara-negara Islam dan dunia internasional.

Pertemuan ini, kata Khairul, menjadi bagian dari upaya turut serta merawat jagad dan membangun peradaban dengan penuh kedamaian melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang benar dan rahmatan lil’alamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: