BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 2023 Tembus di 5,3 Persen

BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 2023 Tembus di 5,3 Persen

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Foto : SIJORI.ID/NET--

JAKARTA, DISWAY.ID - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo memprediksi pertumbuhan ekonomi 2023 dapat mencapai kisaran 4,5 - 5,3%. 

Perkiraan itu didapat berdasarkan pertumbuhan perekonomian domestik pada triwulan II 2023 lebih baik dari proyeksi, ditopang oleh peningkatan konsumsi rumah tangga dan investasi.

"Peningkatan konsumsi rumah tangga didorong oleh terus naiknya mobilitas, membaiknya ekspektasi pendapatan, dan terkendalinya inflasi," kata Perry dala keterangannya, Rau 26 Juni 2023. 

BACA JUGA:Bikin Ribut! BI Akhirnya Revisi Kebijakan Pemberlakuan Biaya QRIS 0,3 Persen

Selain itu, kata Perry, juga didorong dampak positif dari Hari Besar Keagamaan, dan pemberian gaji ke-13 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN)

Sementara itu, iklim investasi juga membaik, seiring meningkatnya investasi terutama sektor nonbangunan. Hal ini sejalan dengan kinerja ekspor yang positif dan berlanjutnya hilirisasi.

"Namun, ekspor barang diprakirakan melambat sejalan dengan ekonomi global yang melemah, sedangkan ekspor jasa tumbuh tinggi dipengaruhi kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara," ujarnya.

BACA JUGA:Viral Disebut 'Wine Halal', BPJH Blokir Sertifikat Halal Jus Buah Anggur Nabidz

Berdasarkan lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi terutama ditopang Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, serta Informasi dan Komunikasi.

"Secara spasial, pertumbuhan ekonomi terutama ditopang oleh pertumbuhan wilayah Kalimantan dan Jawa yang masih kuat sejalan dengan terjaganya permintaan domestik," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: