Polda Aceh Akan Efektifkan ETLE di Sejumlah Ruas Jalan

Polda Aceh Akan Efektifkan ETLE di Sejumlah Ruas Jalan

Kamera ETLE mulai terpasang di ruas jalan sejumlah Kota/Kabupaten di Indonesia-Ilustrasi-Etle.id

ACEH, DISWAY.ID-Ditlantas Polda ACEH akan mengefektifkan pemanfaatan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk mendukung penegakkan hukum di wilayahnya.

Dirlantas Polda Aceh Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan keberadaan ETLE akan lebih berdampak efektif dalam edukasi disiplin dalam masyarakat berkendara.

“Hasil anev selama bulan Juli selama pengecekan di ruang RTMC bahwa pelanggaran terbanyak adalah tidak memakai helm, safety belt, melanggar marka, berboncengan tiga, menerobos lampu merah,” kata Iqbal, Rabu 2 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Sering Dipadati Kendaraan, 3 Ruas Jalan Protokol di Tangerang Kota Kembali Dipasang ETLE

Iqbal menuturkan, ETLE di wilayah Aceh memang masih minim dengan hanya memanfaatkan 5 kamera di beberapa lokasi di Banda Aceh, namun keberadaannya cukup efektif.

Dengan monitor aktivitas di jalan, melakukan pendataan berbagai pelanggaran lalu lintas yang dilakukan secara elektronik.

BACA JUGA:Awas Kena ETLE! Berikut Daftar Ruas Jalan di DKI Jakarta yang Menerapkan Aturan Ganjil-Genap, Jumat 21 Juli 2023

BACA JUGA:Korlantas Polri Larang Polantas Razia Meski Tilang Manual Diberlakukan, Tilang Dioptimalkan Lewat ETLE

Ia menambahkan penerapan ETLE bukan semata-mata untuk menilang, tetapi untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara.

Selain melakukan pengecekan ETLE Iqbal juga melakukan pengecekan terhadap CCTV monitoring yang sudah terpasang di sejumlah titik.

Menurut Iqbal manfaat CCTV monitoring bukan hanya memonitoring arus lalu lintas, tapi juga dapat menjadi alat bukti serta petunjuk manakala terjadi tindak kriminal.

“Oleh karena itu Ditlantas Polda Aceh akan berupaya memperluas dan memperbanyak ETLE maupun CCTV monitoring diseluruh wilayah Polres jajaran,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: