Polisi Masih Tindak Para Pelaku TPPO hingga Kini

Polisi Masih Tindak Para Pelaku TPPO hingga Kini

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Polri dan Polda jajaran bentukan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berhasil menyelamatkan 2.233 korban.

Ribuan korban tersebut berhasil diselamatkan usai penyidik mengungkap 738 kasus.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, 738 kasus itu berhasil diungkap dalam kurun waktu 5 Juni-2 Agustus 2023.

BACA JUGA:Kombes Hengki Bongkar Lokasi Keberangkatan Korban TPPO Jual Ginjal, Campur Tangan Oknum Mencuat

“Dari 738 laporan, penyidik berhasil menangkap 882 tersangka,” ungkapnya dalam konferensi pers, Kamis 3 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Tersangka TPPO Jual Ginjal Akan Bertambah, Polri: Mereka Telah Diamankan

Terkait modus kejahatan para tersangka, ia menuturkan, mengiming-imingi bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pekerja Rumah Tangga (PRT) menjadi yang terbanyak dengan jumlah 500 kasus.

BACA JUGA:Kebohongan Tersangka TPPO Penjualan Ginjal ke Istri Terungkap, Ngaku Kerja Proyek: Keluarga Tau Pas Tertangkap

"Selanjutnya modus dijadikan Pekerja Seks Komersial (PSK) ada 216 kasus, modus dijadikan Anak Buah Kapal (ABK) ada 9 kasus dan eksploitasi terhadap anak ada 57 kasus," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Karopenmas menyampaikan pesan Jenderal Sigit selaku Kapolri, agar masyarakat tak mudah tergiur dengan tawaran bekerja dengan gaji tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Jenderal Sigit meminta masyarakat memastikan apakah perusahaan penyalur tenaga kerja ini resmi, agar mendapatkan hak-hak perlindungan sosial, kesejahteraan dan hukum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: