Jokowi Bilang Jarak Tempuh Jakarta - Sukabumi 2,5 Jam Lewat Tol Cigombong - Cibadak, Berapa Tarifnya?

Jokowi Bilang Jarak Tempuh Jakarta - Sukabumi 2,5 Jam Lewat Tol Cigombong - Cibadak, Berapa Tarifnya?

Jokowi meresmikan Tol Cigombong-Cibadak. Tol ini diklaim dapat memangkas waktu tempuh Jakarta - Sukabumi.-Korlantas Polri -

SUKABUMI, DISWAY.ID-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Ciawi SUKABUMI Ruas Cigombong – Cibadak dengan panjang 11,9 KM yang berada di Kabupaten SUKABUMI, Jawa Barat, Jumat 4 Agustus 2023.

Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Pejabat terkait lainnya.

Persemian ini diikuti dengan penekan sirine dan penandatanganan prasasti langsung oleh Presiden RI di Jalan Tol Cigombong - Cibadak.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi di Ruas Cigombang-Cibadak

BACA JUGA:Dibongkar, Ahli Waris Rumah Viral di Tengah Jalan Tol Cijago Terima Rp 8,5 Miliar

Jokowi mengatakan dengan selesainya ruas tol Cigombong-Cibadak, maka perjalan dari Jakarta menuju sejumlah daerah setempat lebih efektif.

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Sukabumi, Jawa Barat, BMKG: Berkekuatan M 3,1

“Kita harapan nantinya dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau ke Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta memakan waktu 5/6 jam, saat ini dengan adanya jalan Ciawi – Sukabumi ini kurang lebih 2,5 jam,” ujar Jokowi.

Joko Widodo mengatakan, ruas jalan Tol Ciawi – Sukabumi ini memakan anggaran sebesar 3,2 triliun. Dimana nantinya Ruas Tol Ciawi – Sukabumi juga akan mempercepat mobilitas masyarakat dan mobilitas barang.

BACA JUGA:Progres Tol Jogja Solo, Pembebasan Lahan Sudah 98 Persen

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. 

Hingga saat ini Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Seksi 2 Cigombong-Cibadak sebelumnya sudah pernah difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023

Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 86 persen, dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: