Progres Tol Jogja Solo, Pembebasan Lahan Sudah 98 Persen

Progres Tol Jogja Solo, Pembebasan Lahan Sudah 98 Persen

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri PUPR RI Basuki Hadimoeljono, dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta, Februari 2023 lalu-dok Jatengprov.go.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Progres Tol Jogja – Solo untuk Seksi Paket 1.1 kini sudah mencapai 98 % untuk pembebasan lahan di jalan Tol Solo – Jogja – Kulonprogo.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra bahwa target pembebasan lahan itu akan rampung di sekitar Desember 2023 atau awal Januari 2024 mendatang.

BACA JUGA:Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Jalan Sawit Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Kecepatan Maksimum Kendaraan 40 Km per Jam!

Sementara itu, menurut Kabag Humas Biro Umum, Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menyampaikan, penetapan lokasi yang akan digunakan untuk jalan tol tersebut telah dilakukan di Kabupaten Sleman dan Bantul.

Dikutip dari laman Harian Jogja, penetapan tersebut yang secara teknis dalam tim persiapan telah dilakukan sosialisasi, pendataan awal, konsultasi publik, serta pengumuman penyelenggaraan konsultasi publik di kalurahan yang bersangkutan. 

BACA JUGA:Kronologi Bus Trans Jogja Gagal Nanjak di Tanjakan Gemulung, Lalu Terguling Masuk Jurang

Kemudian Ditya juga mengungkapkan bahwa sebelumnya,  Direktorat Jenderal Bina Marga (Dirjen Bina Marga), Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah bersurat kepada Gubernur DIY untuk dikeluarkan IPL. 

“Surat permohonan hal percepatan IPL oleh Direktorat Jenderal Bina Marga (Dirjen Bina Marga), Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Gubernur (DIY), Tim Persiapan melaksanakan percepatan IPL terhadap kabupaten yang telah selesai pentahapan sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya. 

BACA JUGA:Jogja International Batik Biennale 2023 Resmi Dibuka di Jakarta, Wagub DIY : Mengangkat Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) DIY selaku Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo Seksi Jogja-Kulonprogo, Beny Suharsono menyampaikan IPL telah dikeluarkan lokasi yang akan digunakan untuk jalan tol di Kabupaten Sleman dan Bantul pada 28 Juli 2023. 

“Kami beritahukan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR akan melaksanakan pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo Seksi Jogja-Kulonprogo di Kabupaten Sleman dan Bantul,” ungkapnya. 

IPL yang telah dikeluarkan ditujukan untuk tanah yang ada di 10 kalurahan di Kabupaten Sleman dan 2 Kalurahan di Kabupaten Bantul

BACA JUGA:Pengerjaan Tol Solo Jogja Sampai Exit Klaten Dikebut Tahun Ini, Pangkas Waktu dan Biaya Perjalanan

Di Kabupaten Sleman ada Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati; Kalurahan Trihanggo, Kalurahan Nogotirto, Kalurahan Banyuraden, Kalurahan  Ambarketawang, Kalurahan Balecatur yang semua ada di Kapanewon Gamping; Kalurahan Sidoarum, Kalurahan Sidomulyo, Kalurahan Sidokarto yang semuanya ada di Kapanewon Godean; serta Kalurahan Sumberrahayu, Kapanewon Mlati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: