Buka Rute-Rute Internasional, AP II Bangga Pertumbuhan Penerbangan Bandara Soetta dan Kualanamu

Buka Rute-Rute Internasional, AP II Bangga Pertumbuhan Penerbangan Bandara Soetta dan Kualanamu

Aktivitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT Angkasa Pura II selaku pengelola sejumlah bandara di Indonesia tengah bangga dengan pertumbuhan rute penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Pertumbuhan tersebut seiring langkah kedua bandara hub (pengumpul penerbangan) itu terus membuka rute penerbangan baru, mengaktifkan kembali rute yang sempat ditutup saat pandemi, dan menambah frekwensi penerbangan di rute eksisting.

BACA JUGA:Operasional Bus Transjakarta Bandara Soekarno Hatta Hanya Pagi dan Sore, Tarif Diusulkan Rp 5.000

Terbaru, pada awal Agustus 2023, kedua bandara membuka rute-rute internasional.

Bandara Soekarno-Hatta membuka rute Jakarta - Ho Chi Minh City (Vietnam) yang dilayani oleh maskapai Vietjet Air mulai 5 Agustus 2023. Lalu, pada 7 Agustus 2023 dibuka rute Jakarta - Mumbai (India) oleh IndiGo.

Kemudian di Bandara Kualanamu dibuka rute Medan - Chennai (India) mulai 11 Agustus 2023 oleh Batik Air.

Selain itu, pada bulan mendatang juga akan hadir rute Medan dari dan ke salah satu kota di India oleh IndiGo.

Dibukanya sejumlah rute internasional itu, disebut sebagai upaya PT Angkasa Pura II memperkuat konektivitas (Connectivity) di kedua bandara.

BACA JUGA:Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk Nomor 1 di ASEAN dan Ketiga se-Asia Pasifik Versi ACI

“Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu sebagai hub memiliki jaringan penerbangan yang lebih luas dari bandara-bandara lainnya. Penumpang pesawat dapat terbang ke Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Kualanamu untuk transit dan melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya. Sejalan dengan hal ini, kedua bandara tersebut memiliki peran penting untuk turut memberikan dampak positif bagi bandara-bandara lainnya, dan menjadi motor pemulihan penerbangan,” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

“Pembukaan rute internasional ini semakin memperkuat Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu sebagai hub, yang menghubungkan pebisnis dan wisatawan dari luar negeri ke banyak destinasi domestik,” imbuh Muhammad Awaluddin.

Ia juga menuturkan peningkatan konektivitas internasional juga sebagai upaya AP II mengoptimalkan alat produksi yakni slot time penerbangan (waktu keberangkatan dan kedatangan pesawat di bandara) guna meningkatkan aspek niaga (Commerce).

“Di dalam periode pemulihan penerbangan saat ini, permintaan perjalanan di rute domestik dan internasional meningkat. AP II bersama stakeholder berupaya untuk mengelola dan mengakomodir tingginya permintaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan memperhatikan aspek Commerce,” ujar Muhammad Awaluddin.

BACA JUGA:Untung Besar! ASDP Indonesia Ferry Raup Laba Rp 585 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: