Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk Nomor 1 di ASEAN dan Ketiga se-Asia Pasifik Versi ACI

Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk Nomor 1 di ASEAN dan Ketiga se-Asia Pasifik Versi ACI

Aktivitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bandara Soekarno-Hatta (CKG), Tangerang, dinobatkan menjadi bandara tersibuk nomor 1 di ASEAN dan urutan ketiga se-Asia Pasifik.

Posisi demikian terungkap adanya Airport Council International (ACI) yang pada 19 Juli 2023 resmi merilis daftar bandara tersibuk di dunia sepanjang 2022.

Adapun total bandara didata oleh lembaga yang rutin melakukan penilaian kepuasan konsumen jasa transportasi udara tersebut, ada sebanyak 2.600 bandara. 

BACA JUGA:Bandara Kertajati Siap Sambut Operasi Penuh Mulai Oktober 2023

Dari ribuan bandara itu, Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II ini meraih posisi signifikan. 

ACI mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sepanjang Januari - Desember 2022 mencapai 39,60 juta orang. 

Adapun sepanjang tahun lalu, ACI menyatakan jumlah pergerakan penumpang pesawat di dunia mencapai 6,6 miliar orang. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat atas dalam daftar tersibuk di Asia Tenggara dan Asia Pasifik merupakan hasil dari kerja keras seluruh stakeholder.

“Tahun lalu sektor penerbangan menghadapi tantangan pandemi, namun sudah memasuki periode pemulihan. Pada periode tersebut, AP II dan seluruh stakeholder terus memperkuat konektivitas penerbangan domestik dan internasional untuk berkontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan penanganan pandemi.”

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Dibuka, Jarak Tempuh Bandung ke Bandara Kertajati Kurang dari Satu Jam

“Seluruh stakeholder berkolaborasi erat, dengan didukung penuh Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, sehingga berhasil memperkuat konektivitas penerbangan melalui reaktivitasi rute-rute yang sempat ditutup selama pandemi, lalu menambah frekwensi penerbangan di rute eksisting, serta pembukaan rute baru. Upaya bersama ini membawa Bandara Soekarno-Hatta menjadi nomor satu tersibuk di ASEAN dan nomor tiga di Asia Pasifik,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin menuturkan AP II berterima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam mendukung pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Terima kasih kepada seluruh pihak atas kerja sama yang erat dan kolaborasi yang tidak pernah berhenti sehingga Bandara Soekarno-Hatta selama 24 jam setiap harinya dapat melayani berbagai penerbangan mulai dari penerbangan reguler, penerbangan penanganan pandemi, hingga penerbangan guna mendukung event-event global di Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Director of Operation AP II Wendo Asrul Rose menuturkan keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat atas ini tidak lepas dari matangnya rencana operasi yang dijalankan seluruh pihak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: