Buka Rute-Rute Internasional, AP II Bangga Pertumbuhan Penerbangan Bandara Soetta dan Kualanamu

Buka Rute-Rute Internasional, AP II Bangga Pertumbuhan Penerbangan Bandara Soetta dan Kualanamu

Aktivitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta-Kemenhub-

Adapun pada tahun ini selepas pandemi Covid-19, kontribusi jumlah penumpang internasional meningkat menjadi 24% dibandingkan saat pandemi masih berlangsung tahun lalu sebesar 22%.

“Saat ini komposisi penumpang pesawat di bandara AP II secara kumulatif adalah penumpang domestik mencapai 76% dan penumpang internasional 24%. Pada tahun lalu saat masih pandemi, komposisinya adalah penumpang domestik 78% dan penumpang internasional 22%,” ujar Muhammad Awaluddin.

Guna menjaga momentum positif ini, AP II terus mengedepankan kolaborasi (Collaboration) dengan seluruh stakeholder.

“Collaboration merupakan aspek penting, karena AP II tidak bisa sendiri dalam melakukan pemulihan penerbangan. Seluruh stakeholder di bandara AP II harus berkolaborasi agar dapat kembali lagi berada di kondisi seperti sebelum pandemi Covid-19,” jelas Muhammad Awaluddin.

Kolaborasi yang telah dijalankan AP II dan stakeholder berjalan dengan baik, di mana jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II secara kumulatif pada Semester I/2023 mencapai 38 juta penumpang atau mencerminkan tingkat pemulihan (recovery rate) hingga 85% dari Semester I/2019 saat belum ada pandemi. Recovery rate ini lebih tinggi dibandingkan prediksi IATA dan ACI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: