Intip Kehebatan Senapan FNC, Jenis Senjata Api Milik Tersangka Teroris DE Karyawan PT KAI

Intip Kehebatan Senapan FNC, Jenis Senjata Api Milik Tersangka Teroris DE Karyawan PT KAI

Tersangka teroris DE Karyawan PT KAI memiliki senapan FNC milik TNI-Fin.co.id-Fin.co.id

Senapan FNC

Dikutip dari sejarah militer, FNC (Fabrique Nationale Carabine) adalah senapan serbu berkaliber 5,56x45mm NATO yang dikembangkan oleh produsen senjata Belgia FN Herstal dan diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an. 

Diluar itu senapan ini dipakai oleh berbagai negara di dunia, seperti Belgia sebagai produsen, Swedia dan Indonesia yang memakai dan melisensi senapan ini.

Negara pertama yang mengadopsi FNC adalah Indonesia, yang membeli sekitar 10.000 senapan pada tahun 1982 untuk angkatan udaranya. 

Pemerintah Indonesia kemudian memperoleh lisensi untuk mengizinkan perusahaan Indonesia PT Pindad untuk memproduksi senapan FNC untuk semua cabang angkatan bersenjata, seperti Pindad SS1 dan turunannya Pindad SS2. 

Uji coba untuk Angkatan Bersenjata Swedia kemudian diadakan antara tahun 1981–1982, dengan menggunakan prototipe terbaru yang membuktikan kegunaan dan efisiensi desain FNC, yang mengesankan staf militer Swedia dan Angkatan Darat Belgia di kampung halaman. 

Swedia lalu mengadopsi versi FNC untuk diproduksi dalam negeri pada tahun 1986, dan menamainya Ak 5. Sedikit dimodifikasi, senapan ini tetap menjadi senapan standar utama Angkatan Bersenjata Swedia. 

BACA JUGA:Nahlo! DE Tersangka Teroris Diakui PT KAI sebagai Karyawan Dikenal Cukup Terbuka: Dia Selalu Berbaur

Spesifikasi

Bobot:

Senapan panjang: 3.840 kg (8.47 lb) 

Carbine: 3.7 kg (8.2 lb)

Panjang:

Senapan panjang: 997 mm (39.3 in) popor dipanjangkan / 766 mm (30.2 in) popor terlipat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: