Menkominfo Bakal Usul Siber Polri Dijabat Jenderal Bintang 2 atau 3

Menkominfo Bakal Usul Siber Polri Dijabat Jenderal Bintang 2 atau 3

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan jika pihaknya telah menerima aduan sebanyak 1.859 terkait rekening perbankan yang digunakan untuk kegiatan perjudian online. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengatakan dirinya bakal mengusulkan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar jabatan Dirsiber Bareskrim disi Jenderal bintang dua atau tiga.

Menurutnya, usulan tersebut disampaikan atas pertimbangan kejahatan siber yang semakin meningkat dan butuh penanganan yang lebih maksimal.

BACA JUGA:Lagi! KKB Serang Pos Marinir di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Tewas!

"Kalau sekarang Direktur Siber baru bintang satu ya. Menurut saya, harus bintang 2 atau bintang 3, karena makin complicated," kata Budi Arie dalam dialog 'Melawan Kejahatan Keuangan Berbasis Digital, Senin, 21 Agustus 2023. 

"Saya akan ngomong ke Pak Polri atau teman-teman polisi, Direktur Cyber Crime naik terus nih, nggak bisa lagi bintang satu, karena kejahatannya makin canggih, dia harus terus... validasi organisasi, karena ininya makin lama makin canggih," sambungnya.

BACA JUGA:Menkominfo Sebut Ada Bank yang Jual 10 Juta Data Nasabahnya Secara Ilegal, Langsung Didenda!

Ia mengatakan, kasus kejahatan digital sudah menjadi isu Internasional. Sebab, kejahatannya tidak berada satu negara, melibatkan antar negara atau transnational crime.

"Isu security in digital economic ini sudah jadi isu dunia. Tadi yang disebutkan ini kejahatannya transnasional, servernya ada di mana, pelakunya ada di mana," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: