Tirakat ke 26 Kota, Anies Baswedan Kagum dengan Kegiatan Para Seniman

 Tirakat ke 26 Kota, Anies Baswedan Kagum dengan Kegiatan Para Seniman

Sastrawan, Afnan Malay dan bacapres, Anies Baswedan-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan menyebutkan, dirinya bertemu banyak seniman saat melakukan tirakat di 26 kabupaten/kota.

Hal itu dia ceritakan dalam kegiatan 'Anies Baswedan bicara kebudayaan: tentang kini dan nanti' di Theater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Kamis, 24 Agustus 2023.

Selama melakukan tirakat itu, Anies Baswedan mengaku kagum dengan kegiatan para seniman yang ditemuinya itu. Dia merasa banyak aspek kultural yang bisa dijadikan contoh untuk seniman lainnya. 

BACA JUGA:Soal Wacana PDI Perjuangan Duetkan Ganjar-Anies, PPP: Sah-sah Saja

"Saya merasakan betapa besarnya peran kesenian di dalam masyarakat kita. Mereka menjadi orang-orang yang berpengaruh, mereka menjadi orang-orang rujukan," ujar Anies Baswedan dalam paparannya. 

Meski tidak menyebutkan secara detail lokasi yang dikunjunginya itu, tapi dalam ceritanya, dia menyebutkan bahwa dirinya juga bertemu dengan dalang sehingga banyak sekali ilmu yang bisa didapatinya selama tirakat. 

"Saya ketemu dengan para dalang di banyak tempat, itu dalang salah satu yang paling banyak kita temui dan bercerita tentang bagaimana kegiatan mereka," imbuhnya. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Jawab Tantangan BEM UI: Ayo, Kapan?

Lebih lanjut, Anies pun mengaku sangat bersyukur bisa bertemu dengan para seniman tersebut lantaran bisa melihat secara langsung ketangguhan dan keuletan seorang seniman yang tidak mudah dilakukan oleh kebanyakan orang. 

"Saya mensyukuri bisa melihat dari dekat ketangguhan bangsa kita keuletan walaupun juga ada unsur pasrah. Pasrah dengan kondisi tapi secara umum tangguh, ulet, kuat walaupun tantangannya besar," ucapnya. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Singgung Pemimpin yang Tepat Lunasi Janji Kemerdekaan di HUT ke 78 RI

Diketahui, Anies Baswedan melakukan tirakat ke 26 kabupaten/kota dengan tujuan untuk mendengarkan, belajar, dan menyerap.

Adapun kegiatan tersebut sengaja dilakukan secara diam-diam dan tidak diketahui oleh banyak media. 

"Saya melakukan perjalanan, saya menyebutnya tirakat mengunjungi 26 kota kabupaten tanpa ada pemberitaan, tanpa ada posting, tanpa ada itu semua. Dan tujuan saya adalah mendengar, tujuan saya belajar, tujuannya menyerap," kata Anies. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: