Kolaborasi BKKBN dan TNI AL, Gelar Praktik Baik Ketahanan Pangan Potensi Maritim Untuk Percepatan Penurunan Stunting

Kolaborasi BKKBN dan TNI AL, Gelar Praktik Baik Ketahanan Pangan Potensi Maritim Untuk Percepatan Penurunan Stunting

Penyuluh KB Utama BKKBN Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc,Dip.Com (baju putih) didampingi Kepala Staf Komando Armada RI Laksamana Muda TNI Didong Rio Duto Purwoko Kuntjoro (kanan)-dok BKKBN-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mendukung penuh dan berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Salah satu bentuk kolaborasi TNI AL dengan BKKBN itu menyelenggarakan praktik baik Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), pelayanan KB dan bakti sosial dalam rangkaian kegiatan program ketahanan pangan potensi maritim Koarmada RI di Komplek Rusun TNI AL Marunda, Jakarta Utara pada Kamis 7 September 2023. 

BACA JUGA:BKKBN Selesaikan 63 Persen Target Pemutakhiran Data Keluarga Indonesia Selama 18 Hari

Kepala Staf Komando Armada RI Laksamana Muda TNI Didong Rio Duto Purwoko Kuntjoro, S.T., M.A.P., M.Tr.(Han) mengatakan bahwa TNI AL sangat peduli dan mendukung program Percepatan Penurunan Stunting.

“Dalam rangkaian hari ulang tahun ke 78 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 september 2023 ini kami berkolaborasi dengan BKKBN dalam rangka bukan hanya HUT TNI AL nya tapi juga mensukseskan program nasional dalam menangani stunting,” ujar Laksda Didong.

“Dalam hal ini BKKBN menjadi katakanlah batu penjurunya di depan. Kami ingin mensukseskan ini juga sebagai bentuk wujud dan perhatian kami TNI AL terhadap program nasional yang perlu secara kolaboratif kita dukung,” tambahnya.

BACA JUGA:Persatuan Guru NU Bersama BKKBN Terus Edukasi Siswa Cegah Perkawinan Anak dan Turunkan Stunting

Dalam acara ini TNI AL telah menyemai bibit ikan selama 6 bulan sebelumnya dengan konsep urban farming yang lalu pengolahannya diserahkan kepada masyarakat sekitarnya. 

Selain bertujuan untuk ketahanan pangan, pembagian ikan tersebut juga demi perbaikan gizi dan menurunkan angka stunting. 

Ia juga mengatakan bahwa memerangi stunting BKKBN tidak dapat sendirian tapi juga harus ada kerjasama kolaboratif dari semua kementerian dan lembaga.

“Kita selalu berkolaborasi seperti apa yang disampaikan Pak Presiden. Kita tidak bisa stand alone. Satu kementerian kelembagaan harus kolaborasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” jelasnya.

BACA JUGA:Hari Kependudukan Dunia 2023, Kepala BKKBN: Masyarakat Jadi Kuat Saat Perempuan dan Anak Diberdayakan

“Nah kita saling mendukung. Kalau secara spesifik silahkn aparat daerah masing-masing. Kita harapkan supaya warga masyarakat terpenuhi nilai gizinya, anak-anak dan keluarga di sini karena mereka adalah unit terkecil dari bangsa dan negara. Kalau keluarganya terjadi stunting bagaimana nanti besarnya bangsa dan negaranya,” tuturnya.

Kegiatan Praktik Baik Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), pelayanan KB dan bakti sosial dalam rangkaian kegiatan program ketahanan pangan potensi maritim Koarmada RI yang diselenggarakan pada Kamis 7 September 2023 di Komplek Rusun TNI AL Marunda, Jakarta Utara merupakan salah satu rangkaian acara Peringatan Hari Jadi ke 78 TNI AL tahun 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: