Jokowi Angkat Bicara soal Dimajukannya Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres 2024

Jokowi Angkat Bicara soal Dimajukannya Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Set-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespon terkait usulan waktu pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dipercepat dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana merubah dengan mempersingkat jadwal pendaftaran calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Pilpres 2024. 

Jadwal pendaftaran capres-cawapres Pilpres 2024 awalnya pada 19 Oktober – 25 November 2023 menjadi 10–16 Oktober 2023.

"Persiapan Pemilu adalah urusan atau ranah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata Jokowi usai meninjau pasar terkait harga beras dan bahan pokok di Bogor, Senin 11 September 2023.

BACA JUGA:Polemik Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres 2024 Dimajukan, Mahfud MD: Kalau Tak Dimajukan Bakal Terjadi Penundaan Pencoblosan!

“Tanya ke KPU,” sambungnya.

Selain itu, ketika diminta tanggapannya mengenai perlu tidaknya Menteri mengundurkan diri bila hendak mencalonkan sebagi calon presiden ataupun wakil presiden, Jokowi mengatakan kalau aturan tidak perlu menghendaki hal itu maka sejatinya tidak mengapa.

"Aturannya seperti apa? Kalau aturannya tidak usah mundur ya enggak apa-apa," ujarnya.

Hanya saja, Jokowi mengingatkan kepada para menterinya yang ingin maju pada Pemilu 2024 untuk tidak menggunakan fasilitas negara dan mengambil cuti sementara waktu.

"Paling penting tidak menggunakan fasilitas negara dan kedua kalau kampanye ya (ambil) cuti, aturannya jelas," tegasnya.

BACA JUGA:Anies Baswedan Dipastikan Ikut Hadir Silahturahmi Politik ke DPP PKS Hari Ini

Jokowi memastikan, bahwa pemerintahan tetap akan berjalan baik seandainya ada menterinya yang mengambil cuti karena nyalon sebagai capres ataupun cawapres. 

"Saya tidak akan menghalangi dan memberikan izin untuk hal tersebut," ucapnya.

"Sistem birokrasi kita ini sudah mapan, diizinkan (cuti) yang dulu-dulu juga gitu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: