Insomnia Menyerang, Gelisah dan Susah Tidur ? Coba Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ini

Insomnia Menyerang, Gelisah dan Susah Tidur ? Coba Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ini

Doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar tidak susah tidur atau insomnia-Insomnia/susah tidur/Ilustrasi-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID- Pada 2019, setahun sebelum pandemi, tim honestdocs merilis hasil survei terkait durasi tidur masyarakat Indonesia.

Survei tersebut menyebutkan dari 2.944 responden, 68 persen wanita dan 32 persen pria yang sebagian besar tergolong usia produktif, yaitu 18-24 tahun, ternyata lebih dari dua pertiganya mengalami masalah kurang tidur.

Kemudian sebanyak 28 persen dari 2944 responden di atas mengaku penyebab mereka kurang tidur karena kesulitan tidur yang disebabkan insomnia, stres, bahkan depresi.

BACA JUGA:Terbukti! 3 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Mengatasi Insomnia, Kamu Sering Susah Tidur Wajib Baca Ini

Padahal, mengutip laman Kementerian Kesehatan mengenai jam tidur ideal sesuai usia, seharusnya seseorang yang berumur 18-40 tahun, dalam sehari, tidur selama 7-8 jam.

Perkembangan teknologi gadget serta media sosial juga memperparah kondisi ini. 

Mungkin, banyak dari pembaca artikel ini malah kesulitan tidur setelah menggulir layar aplikasi Instagram atau TikTok.

Pengalaman kesulitan tidur ternyata tidak hanya dialami masyarakat modern masa kini. 

BACA JUGA:Catat 5 Penyebab Susah Tidur pada Malam Hari, Berikut Cara Mengatasinya

Ribuan tahun lalu, tepatnya pada masa Rasulullah SAW, diriwayatkan seorang sahabat bernama Zaid bin Tsabit pernah mengeluh kepada Nabi Muhammad SAW bahwa dirinya sulit tidur.

Kisah tersebut tertuang dalam al-Adzkar karya Imam an-Nawawi (w 676 H). Seperti diketahui, kitab al-Adzkar merujuk kitab yang memuat macam-macam doa dan dzikir.

Riwayat ini kemudian diberi judul Imam an-Nawawi dengan nama Bab Doa yang Dibaca Ketika Seseorang Merasa Gelisah Ketika Sudah di Ranjang Namun Tidak Kunjung Tidur.

Sahabat Zaid bin Tsabit berkata, “Aku mengeluh kepada Rasulullah SAW mengenai insomnia yang menyerangku. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, bacalah ini:

اللَّهُمَّ غارَتِ النُّجومُ، وهَدأَتِ العُيونُ، وأنت حَيٌّ قيُّومٌ للا تأْخُذُك سِنةٌ ولا نومٌ، يا حَيُّ يا قيُّومُ، أهْدِئْ لَيْلِي، وأنِمْ عَيني

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: