Masuk Tahun Politik, GMPK Bangun Forum Edukasi dan Literasi untuk Mahasiswa

Masuk Tahun Politik, GMPK Bangun Forum Edukasi dan Literasi untuk Mahasiswa

Ketua Dewan Pembina Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK), Sudaryono -Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Dewan Pembina Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK), Sudaryono menyebutkan bahwa forum edukasi dan literasi perlu dihadirkan sebagai wadah diskusi bagi Mahasiswa

Apalagi saat ini sudah memasuki tahun politik, dimana forum tersebut sangat dibutuhkan untuk berdiskusi dan bisa saling bertukar pikiran. 

"Kita membaca aspirasi, teman-teman mahasiswa butuh forum-forum diskusi yang mengedukasi dan menambah literasi. Ini alasan GMPK hadir," ujar Sudaryono kepada awak media saat ditemui usai kegiatan seminar nasional dengan tema 'Meneropong Kepemimpinan Masa Depan' di Menara Kuningan Ballroom sanctury Auditorium, Jakarta Selatan, Rabu, 20 September 2023.

BACA JUGA:Istana Buka Seleksi PPPK 2023 untuk Kemensetneg dan Setkab, Cek Formasi dan Cara Pendaftarannya

Tidak hanya itu, sebagai organisasi anak muda, GMPK akan berusaha menghadirkan wadah diskusi tersebut agar dapat membahas berbagai kebutuhan masyarakat terkait literasi politik.

Terlebih di Pemilu 2024, anak muda menjadi pemilih terbanyak sehingga penting sekali untuk menampung aspirasi-aspirasinya. 

Selain itu, dia mengatakan para pemuda mesti kritis dengan persoalan masyarakat dengan koridor hukum yang berlaku.

"Kalau tidak ada ketidakadilan, kita suarakan dengan cara-cara yang diizinkan demokrasi," kata Sudaryono. 

Diketahui, seiring dengan perubahan zaman, cara penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh anak muda juga ikut berubah. 

Dulu, Sudaryono menyebutkan, mahasiswa harus menggelar demonstrasi untuk mengutarakan pendapatnya. Namun saat ini, bisa dengan memanfaatkan media sosial. 

BACA JUGA:Elektabilitas Erick Thohir Tertinggi sebagai Cawapres di Jatim Menurut Survei PRC

"Sekarang kan eranya udah beda. Dulu mungkin caranya demonstrasi. Sekarang orang itu punya banyak cara untuk mengekspresikan apa yang dia mau. Menggunakan sosial media aja dia gak perlu ngumpulin banyak orang. Asalkan viral akhirnya menjadi perhatian," jelas dia.

Sebelumnya, Sudaryono, yang juga merupakan Wasekjen Partai Gerindra, ingin menjadikan GMPK sebagai organisasi yang dapat memberikan subangsih nyata kepada masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa.

Salah satu bukti nyata subangsih yang telah dilakukan GMPK, yaitu mengadakan program gerakan beasiswa bagi pelajar yang tinggal di pelosokan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: