Jika Jepang Disebut Shinkazen, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diberi Nama Whoosh, Ini Arti dan Filosofinya!

Jika Jepang Disebut Shinkazen, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diberi Nama Whoosh, Ini Arti dan Filosofinya!

Harga kereta cepat Jakarta-Bandung tersedia untuk tiga kelas.-KCIC-

JAKARTA, DISWAY.ID-- WHOOSH menjadi nama resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang ditetapkan oleh pemerintah ternyata memilik singkatan.

Nama Whoosh itu senditi didapat dari sayembara desain identitas jenama (nama dan logo) yang diadakan oleh Kereta Api Cepat Indonesia dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Cara Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Gratis, Simak Syarat dan Ketentuannya

"Namanya adalah WHOOSH," ujar Ketua tim panel penilai lomba Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia, Triawan Munaf, dalam konferensi pers, pada Kamis 21 September 2023 kemarin.

"Nama ini dilahirkan setelah semua merasakan. Jadi ini akan menjadi istilah yang sesuai," tambahnya.

Arti Nama Whooz untuk KCJB

Pada kesempatan tersebut, Triawan Munaf mengungkapkan kepanjangan dari 'Whoosh' yang menjadi nama resmi kereta cepat Indonesia itu adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal.

BACA JUGA:APBN Terancam Tergadaikan Gegara Proyek KCJB, Indonesia Apa Nggak Menyesal Pernah Tolak Jepang? Begini Reaksi Luhut

"Whoosh ini memiliki kepanjangan, Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Jadi sangat sesuai sekali," ungkap Triawan.

Menurut Triawan turut, kata Whoosh itu juga berarti cepat yang sesuai dengan kecepatan KCJB ini.

"Whoosh ini dalam bahasa asing artinya 'cepat', karena kita mencari nama tidak hanya diterima di dalam, tapi diterima internasional. Kalau di Jepang Shinkansen, sekarang kita punya WHOOSH di Indonesia," jelasnya.


Logo kereta cepat Whoosh yang disayembarakan. Pemerintah resmi mengganti nama kereta cepat menjadi Whoosh-Kemenhub-

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa nama KCJB 'Whoosh' itu berasal dari pembicaraan antar pejabat hingga ungkapan kegembiraan masyarakat saat ikut uji coba.

Ketika menjajal moda transportasi itu, ada ungkapan kegembiraan usai merasakan kereta cepat, yakni kata 'Whoosh'. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: