Politik Dua Kaki! Kaesang Gabung PSI, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Politik Dua Kaki! Kaesang Gabung PSI, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Kebersamaan Jokowi, Prabowo, dan Ganjar saat kunjungan kerja di Jawa Tengah--@prabowo

JAKARTA, DISWAY.ID - Kaesang Pangarep resmi berlabuh bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai kendaraan politiknya menuju calon wali kota Depok, Jawa Barat pada Pilkada 2024 nanti.

Bergabungnya Kaesang dengan PSI, sontak membuat banyak spekulasi terkait arah dukungan Jokowi pada kepada salah satu Capres pada pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, bergabungnya Kaesang dengan PSI seakan memberi sinyal kuat jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain politik 2 kaki.

Di mana, satu kaki Jokowi ditancapkan di PDI-P melalui sosol Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

BACA JUGA:Kaesang Beberkan Alasan Pilih Bergabung dengan PSI

Sedangkan Kaesang Pangarep dihantarkan bersama PSI untuk mendukung capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024 nanti.

"Bergabungnya Kaesang ke PSI mengafirmasi bahwa Presiden Jokowi memainkan politik 2 kaki," kata Agung kepada waratawan, dikutip Selasa 26 September 2023. 

Menurut Agung, keputusan Kaesang untuk bergabung dengan PSI menjadi salah satu bagian dari representasi sikap Jokowi pada Pilpres 2024.

Kendati demikian, Agung menyatakan bahwa dengan kondisi yang terjadi saat ini, arah dukungan Jokowi sudah bisa dilihat lebih cendrung ke Prabowo Subianto.

"Besar kemungkinan Presiden Jokowi mendukung Prabowo. Apalagi setelah Kaesang bergabung ke PSI," ujarnya

"Sikap dukungan itu juga terlihat di mana Presiden Jokowi tampak sebagai 'pembela' Prabowo langsung. Seperti Food Estate, perkara hoaks mencekik (menampar Wamen)," sambungnya.

BACA JUGA:Alasan Masuk Politik, Kaesang Puji Jokowi hingga Minta Izin Gabung PSI

Sementara itu, terkait arah politik Kaesang sendiri setelah bergabung dengan PSI, Agung memprediksi Kaesang akan maju di pilkada.

"Kaesang berpotensi meniru jejak langkah ayahnya, kakak kandung, dan kakak iparnya yang meretas langkah dengan maju ke pilwakot di awal karir politik," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: