Amankan Pemilu 2024, Polri Gelar Operasi Mantab Brata Selama 222 Hari

Amankan Pemilu 2024, Polri Gelar Operasi Mantab Brata Selama 222 Hari

Ribuan anggota Polri dikerahkan dalam Operasi Mantap Brata untuk amankan Pemilu 2024 mendatang yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran.-Dok. Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mabes Polri mengerahkan 2.130 personelnya dalam Operasi Mantap Brata. Operasi Mantap Brata digelar untuk mengamankan Pemilu 2024.

Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan Operasi Mantap Brata berlangsung selama 222 hari mulai dari tahap pendaftaran capres-cawapres hingga pengucapan sumpah oleh pasangan terpilih.

"Dimulai dari tahap pendaftaran dan penetapan calon presiden dan cawapres, kampanye, masa tenang, pemungutan suara serta penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, pengucapan sumpah janji anggota dpr, dpd dan dprd dan serta pengucapan sumpan janji presiden dan wapres," kata Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 26 September 2023.

BACA JUGA:Kabar Baik! Penumpang Kurang Mampu Bakal Gratis Naik Bus Transjakarta, Begini Ketentuannya

Ramadhan mengatakan Operasi Mantap Brata itu akan digelar sebelas satuan kerja di tingkat Mabes Polri. Mulai dari jajaran Bareskrim, Baintelkam, Baharkam, Korbrimob, Slog, Divisi Humas, TIK, Propam, Hubinter, Srena, hingga Irwasum.

Ia menuturkan 11 satuan kerja tersebut kemudian bakal ditempatkan dalam 9 Satuan Tugas (Satgas) yang berbeda. Satgas itu meliputi Pengamanan capres-cawapres, Preemtif, Preventif, Penindakan, Gakkum, Antiteror, Pengaman TPS Luar Negeri, Humas, dan Banops.

"Pola operasi pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan preventif, preemtif, dengan didukung kegiatan penegakan hukum, humas dan Banops sehingga terwujud situasi kamtibmas yg kondusif, di seluruh wilayah kesatuan republik indonesia," ujar Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 26 September 2023.

BACA JUGA:Alasan Masuk Politik, Kaesang Puji Jokowi hingga Minta Izin Gabung PSI

Diketahui, Operasi tersebut dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran sebagai Kepala Operasi Mantap Brata.

Sementara, Dankor Brimob Polri Komjen Pol Anang Revandoko sebagai Waka Ops Mantap Brata.

"Operasi Mantap Brata 2023-2024 dipimpin oleh Kabaharkam Polri (Komjen Fadil Imran) selaku Ka Ops dan dibantu oleh Dankor Brimob Polri (Komjen Anang Revandoko) selaku Waka Ops," kata Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: