Beli Gas LPG Melon Pakai KTP Mulai 1 Oktober, Begini Cara Belinya

Beli Gas LPG Melon Pakai KTP Mulai 1 Oktober, Begini Cara Belinya

Dengan aturan pembelian LPG melon menggunakan KTP ini dilakukan agar adanya pencatatan melalui sistem Subsidi Tepat Pertamina.-esdm-

Registrasi ini bertujuan untuk pendataan bagi masyarakat yang berhak membeli LPG 3 kg bersubsidi.

Sedangkan LPG 3 kg atau LPG melon ini hanya akan ditujukan bagi masyarakat yang sudah terdaftar dan pendaftaran ini bersifat wajib bagi pengguna LPG 3 kg.

Aturan Beli LPG Melon

Adapun aturan beli LPG 3 kg menurut Kepmen  ESDM Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023:

Pendistribusian isi ulang LPG Tertentu secara tepat sasaran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA dilakukan dengan ketentuan penahapan sebagai berikut:

a. Tahap I

1. Proses pendataan pengguna LPG Tertentu oleh Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tertentu ke dalam sistem berbasis web dan/atau aplikasi yang dibuat Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tertentu.

2. Pendataan dimaksud menjadi dasar bahwa untuk pembelian LPG Tertentu hanya dapat dilakukan oleh pengguna LPG Tertentu yang telah terdata dalam sistem berbasis web dan/atau aplikasi sebagaimana dimaksud dalam huruf a angka 1.

BACA JUGA:Aroma Bensin Saat Olah TKP Tewasnya Anak Perwira TNI AU di Pos Lanud Halim

BACA JUGA:Kompak! Anies-Cak Imin Bertemu Habib Rizieq di Petamburan, Capres dan Cawapres Indonesia Jadi Saksi Pernikahan

b. Tahap II

1. Pemadanan data pengguna LPG Tertentu yang telah terdata dalam sistem berbasis web dan/atau aplikasi yang dibuat Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan  Pendistribusian LPG Tertentu dengan data by name by address dengan peringkat kesejahteraan dari kementerian/lembaga terkait.

2. Pensasaran pengguna LPG Tertentu dengan ketentuan:

a) hanya pengguna LPG Tertentu yang telah terdata dan tercantum dalam data by name by address dengan peringkat kesejahteraan dari kementerian/lembaga terkait yang dapat membeli LPG Tertentu.

b) pengguna LPG Tertentu yang telah terdata dan tercantum dalam data by name by address sebagaimana dimaksud dalam huruf b angka 2 huruf a) dapat membeli LPG Tertentu dengan pembatasan volume pembelian LPG Tertentu per bulan per pengguna LPG Tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: