Jusuf Kalla Prediksi Pemilu 2024 Bakal 2 Putaran

Jusuf Kalla Prediksi Pemilu 2024 Bakal 2 Putaran

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Istri Jusuf Kalla Mufidah Jusuf Kalla-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. 

Prediksi tersebut disampaikan oleh Jusuf Kalla bukan tanpa alasan, melainkan hasil dari analisisnya yang menilai akan ada kesulitan jika dilakukan satu putaran. 

BACA JUGA:Pertemuan JK dan Puan, Makan Coto Sambil Bahas Pilpres

Adapun kesulitan yang dimaksud oleh Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu adalah meraup jumlah suara sebanyan 85 juta suara. 

"Kalau putaran karena tiga (pasangan calon) , agak sulit juga kalau satu putaran karena harus mendapat minimun 85 juta suara, ada enggak calon yang bisa dapat 85 juta suara sekali? Agak sulit ya, karena pemilih (DPT) kira-kira 165-170 juta, jadi dia harus punya," ujar Jusuf Kalla saat ditemui di Jalan Brawijaya 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Oktober 2023.

BACA JUGA:Disambangi Puan, JK Bakal Bertemu Megawati

"Agak berat, keliatannya, walaupun tetap ada kemungkinan tapi tetap kemungkinan yang terbesar dua putaran," lanjutnya. 

Adapun jumlah pemilih yang disebutkan oleh Jusuf Kalla didasari oleh asumsinya, yakni jumlah suara sah saat masih aktif mengikuti pemilu. 

BACA JUGA:PDIP Respon Santai Sindiran Jusuf Kalla soal Tuduhan Jokowi Intervensi Pemilu 2024

Sehingga untuk memenangkan pemilu agar satu putaran dengan 3 pasangan calon tersebut, kata Jusuf Kalla, dinilai akan sulit karena salah satu pasangan calon harus bisa mendapati 85 juta suara. 

Namun, pada Pemilu 2024 kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jumlah DPT sebanyak 204,8 juta suara. 

Melihat jumlah tersebut, artinya akan semakin sulit bagi pasangan calon untuk meraih suara sebanyak setengah dari 204,8 juta dengan satu putaran. 

BACA JUGA:Jusuf Kalla Minta Jokowi Tak Terlibat Terlalu Jauh Dalam Urusan Pemilu 2024: 'Supaya Lebih Demokratis Lah'

Oleh sebab itu, untuk mengurangi kesulitan tersebut, maka diperlukannya dua putaran pada Pemilu 2024 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: