Program Pre University UI 2023 Sudah Dibuka, Siswa SMA Sederajat Segera Simak Pendaftarannya

Program Pre University UI 2023 Sudah Dibuka, Siswa SMA Sederajat Segera Simak Pendaftarannya

Universitas Indonesia (UI)/ilustrasi-ilustrasi-jpnn.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Universitas Indonesia (UI) kembali membuka program pendidikan pra kuliah bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA atau sederajat.

Program bernama Pre University UI itu ditujukan bagi calon mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar dan menimba ilmu di kampus kuning alias Yellow Campus.

BACA JUGA:Kemenparekaf Kembali Gandeng Kepala DRRC Universitas Indonesia, Kembangkan Destinasi Pariwisata Aman Bencana

BACA JUGA:Universitas Indonesia Bersama Kemenparekraf Donasikan Peralatan K3 di Dewi Henjeli Sukabumi

Menurut Direktur Center for Independent Learning (CIL) UI, F. Astha Ekadiyanto, program ini juga terbuka untuk peserta umum jenjang S1/S2 atau lulusan SMA yang dalam masa tunggu (gap year) kelulusan.

"Selain bisa merasakan jadi mahasiswa UI, kegiatan ini bertujuan agar peserta memahami program studi (prodi) yang akan dipilih kelak saat kuliah di UI, melalui mata kuliah Pre-U yang diambilnya," ujar Astha di Kampus UI Depok, Selasa, 3 Oktober 2023.

BACA JUGA:Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Semarakkan Merdeka Belajar!

BACA JUGA:Daftar 10 PTN Terbaik di Indonesia Menurut 5 Lembaga Internasional, Kampus UI Mendominasi

Program Pre University berada di bawah naungan Center for Independent Learning (CIL) UI ini. Program perkuliahan dilaksanakan secara online.

Untuk Satuan Kredit Semester dalam program ini akan ditransfer menjadi Sistem Credit Earning (SKS) jika nantinya diterima menjadi mahasiswa UI.


Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) gelar kepelatihan ketangguhan keluarga-Dok UI-

Pre-University UI merupakan program jangka pendek yang berlangsung selama 16 pekan. Durasi pembelajaran itu setara dengan satu semester akademik dengan 14 topik pembahasan yang berbeda.

"Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan kredit mata kuliah peserta program Pre-U sehingga saat diterima berkuliah di UI dapat langsung ditransfer sebagai pemenuhan mata kuliah tersebut dan tidak perlu lagi diambil. Misalnya, peserta mengambil mata kuliah Pre-U Penulisan Ilmiah dari Fakultas Psikologi (F.Psi) UI dan berhasil lulus dengan bobot 3 SKS,” kata Astha.

BACA JUGA:Daftar 10 Kampus yang Menyediakan Kuliah Kelas Karyawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: