Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Semarakkan Merdeka Belajar!

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Semarakkan Merdeka Belajar!

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek: Semarakkan Merdeka Belajar!-Kemendikbudristek-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh masyarakat elemen bangsa bergerak bersama menyemarakkan program merdeka belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan Kemendikbudristek kini semakin mendekatkan pendidikan pada cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat,” tutur Mendikbudristek, Selasa 2 Mei 2023.

BACA JUGA:Kolaborasi KLA Project dan Andra and The Backbone Bertajuk ‘Reminiscing’ Bakal Diselenggarakan, Catat Tanggal Mainnya!

Saat ini, dikatakan Mendikbudristek, anak-anak Indonesia bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. 

Selain itu, para kepala sekolah dan kepala daerah juga kini lebih mudah melakukan pemantauan pelaksanaan pendidikan.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” jelas Nediem.

BACA JUGA:Pesan Jokowi ke Kontingen Indonesia pada SEA Games XXXI Vietnam: Minta 69 Emas Lebih, Peringat Satu Atau Dua

Selain itu, diungkapkan Mendikbudristek bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi. 

Bahkan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” ungkapnya.

BACA JUGA:Soal Bisnis di Balik Penjara Versi Tio Pakusadewo, Karutan Cipinang dan Yamitema Laoly Bilang Begini

Lebih dari itu, Mendikbudristek mengemukakan tentang berbagai capaian pendanaan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Pada program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Kemendikbudristek telah memberikan kemudahan dalam pencairan langsung hingga fleksibilitas pemanfaatannya bagi sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selanjutnya, adanya perluasan program beasiswa juga memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang menjadi jauh lebih terbuka. 

“Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: