Perkuat Cyber Security, BSSN Siapkan Platform Pertukaran Informasi Ancaman Siber selama KTT AIS Forum 2023

Perkuat Cyber Security, BSSN Siapkan Platform Pertukaran Informasi Ancaman Siber selama KTT AIS Forum 2023

Kepala BSSN Hinsa Siburian meninjau lokasi Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu, 11 Oktober 2023. -Dok. BSSN-

"Untuk mengoptimalkan postur keamanan siber mitra kerja kami dalam gugus tugas pengamanan siber dan sandi, kami berkolaborasi dengan melakukan terobosan  melalui platform pertukaran informasi ancaman siber yang dapat dimanfaatkan oleh mitra kerja yang melaksanakan tugas pengamanan siber dan sandi pada KTT AIS Forum 2023," ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Direktur Operasi Keamanan Siber BSSN Andi Yusuf mengatakan, dengan memanfaatkan platform pertukaran informasi, diharapkan dapat mempercepat pertukaran informasi ancaman siber kepada mitra kerja BSSN. 

Hal ini bertujuan agar ketika terjadi potensi ancaman siber dapat segera dilakukan upaya respon cepat untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan aset terdampak.

“Pemanfaatan platform pertukaran informasi ancaman siber pada KTT AIS Forum 2023 akan efektif jika terdapat peran dari mitra kerja untuk bersama melakukan sharing informasi ketika ada ancaman siber secara dua arah, serta menganalisisnya secara kolaboratif sehingga dapat digunakan sebagai upaya pencegahan dari potensi insiden siber,” jelasnya.

BACA JUGA:Tangani Dugaan Serangan Siber, BSI dan BSSN Perkuat Sinergi

BACA JUGA:Bjorka 'Menggila', BSSN Mengendus Dalang Dugaan Kebocoran PeduliLindungi, Ada Bukti Kuat?

Seperti diketahui, sejak tanggal 10 Oktober 2023 hingga hari ini Indonesia menggelar Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) hingga 11 Oktober 2023 di Bali. 

Sebanyak 33 negara pulau dan kepulauan, serta sejumlah organisasi internasional, terkonfirmasi hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Forum tersebut akan berfokus kepada tiga aspek penting, yaitu pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.  

Tahun ini, AIS Forum 2023 mengusung tema "Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: