Kemenhub Kirim Tim Investigasi, Usut Penyebab Anjloknya KA Argo Semeru

Kemenhub Kirim Tim Investigasi, Usut Penyebab Anjloknya KA Argo Semeru

Petugas melakukan evakuasi pada gerbong Kereta Api Argo Semeru yang anjlok di petak rel Sentolo -Wates, Kulonprogo, DIY-BNPB-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Tim evakuasi insiden anjlokan yang melibatkan rangkaian kereta api (KA) Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 rute Surabaya Gubeng - Gambir sudah berada di lapangan untuk mengevakuasi dan mengamankan penumpang.

"Tim evakuasi di lapangan juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan rangkaian alat berat dan lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal dalam keterangan resminya, Rabu 18 Oktober 2023.

BACA JUGA:Penumpang Batalkan Tiket Kereta di Stasiun Yogyakarta dan SoloJebres, Imbas Anjloknya KA Argo Semeru

"Sementara untuk evakuasi penumpang, telah dikirimkan rangkaian kereta luar biasa (KLB) dari Yogyakarta," tambahnya.

Risal juga mengungkapkan, pihaknya tengah menjalin koordinasi intensif dengan tim tanggap darurat untuk memastikan tidak ada korban, sekaligus mendalami kronologis terjadinya insiden untuk dilakukan langkah penanganan selanjutnya.

Di tempat terpisah, KAI Daop 6 Yogyakarta menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates pada Selasa 17 Oktober 2023 pukul 13.15.

BACA JUGA:Serbu! Kereta Cepat Whoosh Tebar Diskon Dalam Rangka HUT KCIC, Cuma 150 Ribu Sekali Jalan

"Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. Tim Daop 6 terus bergerak cepat bekerjasama dengan pihak-pihak terkait saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang terdampak dan evakuasi sarana yg mengalami anjlokan," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. 

BACA JUGA:Video Kondisi Penumpang Dalam Gerbong Kereta Argo Semeru Setelah Alami Kecelakaan Beredar, Barang Berantakan di Lantai

Bagi perjalanan KA - KA yang akan melintas di wilayah Wates - Sentolo, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend.

Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini terdapat tiga korban luka ringan yang sedang ditangani tim kesehatan Daop 6. 

Daop 6 juga melaporkan tidak ada korban jiwa pada kejadian ini.

BACA JUGA:KA Argo Semeru Anjlok, Begini Tanggapan KAI, 'Kami Mohon Maaf Jadwal Kereta Jadi Terganggu!'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: