Kutuk Serangan Israel, Jokowi: 'Indonesia Tidak akan Tinggal Diam Melihat Korban Sipil Terus Berjatuhan!'

Kutuk Serangan Israel,  Jokowi: 'Indonesia Tidak akan Tinggal Diam Melihat Korban Sipil Terus Berjatuhan!'

Presiden Jokowi memimpin KTT Asean 2023 di Jakarta, 6 September 2023.-Biro Setpres RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara untuk mengecam keras segala bentuk tindak kekerasan yang terjadi di jalur Gaza sejak Sabtu 7 Oktober 2023 hingga hari ini, Kamis 19 Oktober 2023.

Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban Sipil termasuk perempuan dan anak,” ujar Jokowi dalam video pernyataannya, Kamis 19 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Viral, Warung Gorengan Ini Berdiri di Zona Perang Dekat Perbatasan Israel - Libanon

“Indonesia juga mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit Al ahli ini jelas pelanggaran terhadap Hukum Humaniter Internasional", tambahnya.

Jokowi juga memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk hadir dalam pertemuan luar biasa para Menlu Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi kemarin, Rabu 17 Oktober 2023.

BACA JUGA:Duta Besar Palestina: 'Israel Pembohong, Rumah Sakit Memang Menjadi Terget!'

“Serta untuk terus mengupayakan evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih terkendala di lapangan,” ungkapnya.

“Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi,” tegasnya.

“Indonesia bersama-sama dengan OKI mengirimkan pesan kuat kepada dunia untuk menghentikan eskalasi, untuk menghentikan penggunaan kekerasan, untuk fokus pada masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar permasalahan, yaitu pendudukan Israel atas Palestina,” paparnya.

BACA JUGA:Israel Tidak Mengaku! Malah Fitnah Roket Hamas yang Bom Rumah Sakit Al Ahli Baptist Gaza

“Sekaranglah saatnya dunia berdiri bersama membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang telah disepakati,” lanjutnya.

“Ini akan terus Indonesia suarakan di berbagai kesempatan dan forum internasional termasuk saat bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi dan di KTT Asian esok hari,” tukasnya.


Suasana kota di jalur Gaza yang hancur akibat serangan udara Israel-X/@jacksonhin-

Korban Perang Israel-Palestina sejak Sabtu 7 Oktober 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: