Gantikan Jenderal Dudung, KSAD Agus Subiyanto Ungkap Arahan Presiden Usai Dilantik

Gantikan Jenderal Dudung, KSAD Agus Subiyanto Ungkap Arahan Presiden Usai Dilantik

Jenderal Agus Subiyanto yang dilantik menjadi KSAD TNI menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Rabu 25 Oktober 2023-Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID-Jenderal TNI Agus Subiyanto menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan sejumlah arahan kepadanya usai dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) gantikan Dudung Abdurachman

KSAD Agus Subiyanto mengatakan bahwa Presiden menginstruksikan kepada dirinya untuk menjaga situasi agar tetap kondusif menghadapi Pemilu 2024. 

"Dengan Polri dan semua elemen masyarakat lainnya untuk membuat situasi yang kondusif di semua wilayah yang ada di Indonesia. Tentunya kalau kita bekerja bersama-sama Insya Allah akan membuahkan hasil yang maksimal," kata Agus usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. 

BACA JUGA:KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Jadi Warga Kehormatan Suku Baduy

Terkait netralitas anggota dalam pemilu, ia memastikan TNI akan netral. "Saya rasa TNI sekarang sudah kita akan netral," ujarnya. 

Terkait arahan tersebut, KSAD memastikan akan  menindaklanjutinya. Ia akan menurunkan prajurit TNI ke seluruh pelosok negeri.

"Kalau kita liat ada 802 ribu TPS yang ada. Nanti saya bersama polri dan semua elemen masyarakat  yang paling terendah di situ akan mengamankan TPS-TPS," ujarnya.

BACA JUGA:Sidang Perdana Kasus Pembunuhan Imam Masykur oleh 3 Oknum TNI AD Digelar 30 Oktober, Terbuka untuk Umum

"Sehingga pada saat pencoblosan dan lain-lain akan aman lah ya. Jadi kita tidak bekerja sendiri, tentunya dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat," ucapnya.

Presiden Joko Widodo melantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). 

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. 

KSAD Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun pertengahan November mendatang.

Pelantikan Agus sebagai KSAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 89/TNI Tahun 2023.

Agus merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: