Waspada! Paparan Cacar Monyet Sudah Meluas ke Luar Jakarta, Kemenkes: Kami Butuh Keterbukaan

Waspada! Paparan Cacar Monyet Sudah Meluas ke Luar Jakarta, Kemenkes: Kami Butuh Keterbukaan

Ilustrasi: Menurut Kemenkes RI paparan cacar monyet sudah meluas ke luar DKI Jakarta, salah satunya di Tangerang-Foto/Freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kementerian Kesehatan RI berharap masyarakat Indonesia aware atau waspada dengan paparan cacar monyet atau Mpox.

Dalam laporan terbarunya Kemenkes RI menyebut paparan cacar monyet sudah ke luar Jakarta. Salah satunya di Tangerang.

Temuan ini diungkap oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr. Maxi Rein Rondonuwu.

BACA JUGA:Kemenkes : Mayoritas Pasien Cacar Monyet Laki-Laki Mengidap HIV dan Sifilis

"Di luar DKI, kan, Tangerang sudah ada," kata dr. Maxi dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat, 27 Oktober 2023.

Ia mengatakan kasus cacar monyet bisa menyebar dan terjadi di daerah-daerah Indonesia. Kemenkes butuh keterbukaan masyarakat.

"Apakah bisa terjadi di daerah? Itu bisa, memungkinkan. Makanya kami sangat butuh sekali keterbukaan dari kelompok-kelompok yang positif ini, mereka berhubungan dengan siapa teman-temannya," jelasnya.

Dengan keterbukaan masyarakat Kemenkes akan dengan mudah melakukan tracing dan penanganan kasus cacar monyet yang patut diwaspadai.

BACA JUGA:Kenali Cara Penularan Cacar Monyet yang Harus Diwaspadai, Apa saja!

"Yang kami inginkan seperti itu, keterbukaan. Jadi kalau mereka terbuka, kami gampang sekali melakukan tracing di mana dia kontak terakhir kapan," bebernya.

Bahkan Kemenkes menyebut kasus cacar monyet akan terus meningkat dari tahun lalu. Diprediksi paparan penyakit Mpox di Indonesia bisa tembus 3.600 kasus.

Adapun data terbaru total sudah ada 17 kasus cacar monyet di Indonesia sejak 2022.

Kemenkes RI menyebut terjadi penambahan dua kasus cacar monyet yang ditemukan di DKI Jakarta. Sepanjang 2023 ini sudah ada 16 kasus aktif cacar monyet baru muncul.

Gejala Cacar Monyet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: