Penyesuaian Gapeka, Mulai Besok KRL Lintas Manggarai-Bogor Tempuh Waktu Lebih Cepat

Penyesuaian Gapeka, Mulai Besok KRL Lintas Manggarai-Bogor Tempuh Waktu Lebih Cepat

Penyesuaian Perjalanan Commuter Line Bogor, Kecepatan Maksimal Perjalanan Meningkat-KCI-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta akan memberlakukan penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 mulai 1 November 2023.

 

Penyesuaian perjalanan seluruh rangkaian kereta ini berdampak pada penyesuaian kecepatan maksimal perjalanan, percepatan waktu tempuh, dan jadwal perjalanan kereta rel listrik atau KRL Bogor.  

 

BACA JUGA:Ada Perubahan Jadwal KRL, Perjalanan Commuter Line Menjadi 1.133 per Hari, Cek Gapeka Terbarunya!

BACA JUGA:Permudah Akses Keluar Masuk Penumpang, KCI Tambah Tiga Gate di Stasiun BNI City

 

Alhasil, perjalanan kereta yang mengalami penyesuaian yakni KRL Lintas Bogor-Manggarai. 

 

“Penyesuaian ini juga sejalan dengan pengembangan prasarana yang lebih andal pada lintas Bogor – Manggarai,” ujar VP Corporate Secretary KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis pada Senin, 30 Oktober 2023.

 

Dampak bagus bagi pengguna KRL yaitu rangkaian bisa menempuh maksimal kecepatan perjalanan pada lintas tersebut semula 70 kilometer per jam menjadi 80 kilometer per jam. 

 

Sehingga waktu tempuh perjalanan dari Bogor - Manggarai/Jakarta Kota memangkas hingga 7-8 menit. Semula lama perjalanan dari Bogor – Jakarta Kota berkisar antara 92 menit menjadi 85 menit. 

 

“Sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor – Manggarai semula 70 menit menjadi 62 menit,” ucap dia.

 

BACA JUGA:Cara Dapat Pin Ibu Hamil Gratis di KRL, Gak Perlu Bayar!

BACA JUGA:Asyik! Jak Card Bank DKI Sudah Bisa Jadi Tiket Naik KRL Sampai Masuk Tempat Wisata

 

Anne mengimbau agar para calon penumpang untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanannya. Akibat penyesuaian Gapeka, percepatan waktu tempuh KRL juga berimbas pada perubahan jam keberangkatan perjalanan KRL Bogor di seluruh stasiun lintas Bogor – Jakarta Kota. 

 

Jadwal pemberangkatan perjalanan KRL Bogor di seluruh stasiun pemberhentian juga mengalami perubahan jadwal mulai 1-5 menit. Keberangkatan awal Commuter Line di Stasiun Bogor pada pagi hari juga akan ditambah dua perjalanan yaitu pemberangkatan pukul 05.25 WIB dan 05.50 WIB.   

 

“Untuk jadwal terbaru, pengguna bisa melihat melalui aplikasi C-Access. Pengguna juga bisa melihat update jadwal terbaru melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline," kata Anne. 

 

BACA JUGA:7 Perjalanan KRL Terganggu Imbas Truk Tabrak Tiang Listrik Depan SMAN 86 Jakarta

BACA JUGA:Kecelakaan Truk di Pesanggrahan, Perjalanan KRL Terganggu

 

Dengan penambahan kecepatan maksimal perjalanan KRL ini, menajemen PT KCI juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melintas di perlintasan sebidang pada lintas Bogor – Manggarai untuk menjaga keselamatan saat melintas. 

 

Pengemudi kendaraan yang akan melintas diperlintasan sebidang wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi.

 

“Palang pintu kereta api sudah mulai di tutup dan atau ada isyarat lain utuk mendahulukan perjalanan kereta api,” tutup Anne.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: