Final DBL Jakarta di Indonesia Arena: Ini Detail Lokasi, Kapasitas, dan Fasilitasnya

Final DBL Jakarta di Indonesia Arena: Ini Detail Lokasi, Kapasitas, dan Fasilitasnya

Lapangan utama Indonesia Arena yang akan dipakai sebagai lokasi Final DBL Jakarta.-indonesia.go.id-

Awalnya Indonesia Arena dibangun untuk keperluan terpilihnya Indonesia, Filipina, dan Jepang sebagai tuan rumah bersama FIBA World Cup 2023.

Piala Dunia FIBA 2023 tersebut berlangsung dari 25 Agustus-10 September 2023. Diikuti 32 negara. Digelar di lima venue.

FIBA mensyaratkan bahwa tuan rumah harus memiliki stadion dengan kapasitas minimal 8.000 penonton.

Filipina sudah memiliki tiga arena yang siap, yaitu Mall of Asia Arena (kapasitas 20.000 penonton), Smart Araneta Coliseum (15.000 penonton), dan Phillipine Arena (55.000 penonton).

Phillipine Arena adalah stadion indoor terbesar di dunia. Phillipine Arena pernah menjadi venue Piala Dunia FIBA 1978. Sementara itu, Jepang punya Okinawa Arena di Kota Okinawa. Kapasitasnya sesuai yang diminta FIBA.

Nah, Indonesia sendiri ketika itu baru pertama kali menjadi tuan rumah FIBA World Cup.

BACA JUGA:Jokowi Akan Buka Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena, Penonton Diharapkan Datang Lebih Awal

Saat itu Indonesia hanya memiliki Istora Gelora Bung Karno dengan kapasitas 7.500 penonton. Itu pun setelah direnovasi untuk Asian Games 2018.

Dengan kapasitas sebesar itu, Istora dianggap tidak memenuhi persyaratan daya tampung penonton, seperti yang disyaratkan FIBA.

Pemerintah sempat mengalami kendala dalam meningkatkan kapasitas Istora. Sebab adanya batasan dalam merubah bentuk fisiknya karena statusnya adalah sebagai cagar budaya yang harus dijaga.

Akhirnya pemerintah Indonesia mencari lokasi alternatif untuk membangun stadion indoor baru di Jakarta. Akhirnya disepakati membangun stadion indoor baru di kompleks GBK.


Foto udara Indonesia Arena, tempat lokasi Final DBL Jakarta, yang berada di kompleks Gelora Bung Karno (GBK).--

BACA JUGA:Dibangun dengan Biaya Rp640 Miliar, Indonesia Arena Akhirnya Diresmikan Jokowi

Tepatnya di bekas lapangan helikopter di dalam GBK. Pembangunan stadion indoor ini dimulai pada Desember 2021 di lahan antara Lapangan Panahan dan Hall Basket.

Bagaimana dengan membaca artikel ini Anda, terutama fans DBL sudah mengenal Indonesia Arena? Sudah bisa menjawab kan di mana lokasi Indonesia Arena? Berapa kapasitas Indonesia Arena? dan tentu kalian wajib tahu dong fasilitas apa saja di Indonesia Arena. Biar kalau masuk ke sana tidak kaget.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dbl.id