Sedih! Ibu Hamil di Gaza Melahirkan Caesar Tanpa Obat Bius dan Hanya Diterangi Lampu Handphone

Sedih! Ibu Hamil di Gaza Melahirkan Caesar Tanpa Obat Bius dan Hanya Diterangi Lampu Handphone

Wanita hamil operasi caesar tanpa obat bius di salah satu RS di Gaza-Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID- Serangan agresi Israel di Jalur Gaza membuat ibuhamil menjalani persalinan caesar tanpa obat bius dan hanya diterangi lamnpu dari handphone.

“ Serangan Israel membuat beberapa ibu hamil di Gaza melahirkan tanpa menggunakan obat bius dan hanya diterangi lampu handphone,” kata Soraida Hussein-Sabbah, spesialis gender dan advokasi di ActionAid UK, yang berbasis di Ramallah, Tepi Barat.

Soraida Hussein-Sabbah menambahkan, kekacauan di Jalur Gaza akibat agresi Israel berdampak buruk terhadap perempuan termasuk para ibu hamil.

BACA JUGA:Turki Akan Seret Netanyahu ke Pengadilan Internasional, Erdogan: Apapun Akan Kami Lakukan

BACA JUGA:Detik-detik Israel Jatuhkan Bom di Universitas Al-Azhar, Netizen: Nggak Ada Gunanya Peraturan Perang!


Sejumlah warga perempuan Palestina menempati di selasar rumah sakit di Jalur Gaza-Screenshoot/YouTube-

Berdasarkan laporan, ada sekitar 50 ribu ibu hamil di Jalur Gaza yang termasuk dalam populasi paling rentan karena kekurangan makanan, air, dan pasokan medis.

Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA) memperkirakan bahwa 160 bayi diperkirakan akan lahir di Gaza setiap hari. 

Hal ini menambah beban pada sistem kesehatan yang sudah rapuh di wilayah tersebut, dimana lebih dari setengah dari 2,1 juta penduduk Gaza terdiri dari anak-anak muda.

" Kondisi di rumah sakit berbahaya, operasi caesar dan operasi besar dilakukan hanya dengan senter lampu di telepon yang memberikan penerangan saat mereka menjalani prosedur medis yang rumit saat bom berjatuhan di sekitar mereka,” kata Soraida Hussein-Sabbah.

Soraida Hussein-Sabbah melanjutkan, perempuan sangat terpukul oleh kekacauan dan kengerian yang terjadi di Gaza.

BACA JUGA:Israel Ancam Dunia Internasional Sampai Sesumbar Beri 2 Pilihan Saja: Tidak Ada Netralitas!

BACA JUGA:Brigade Imam Hussein Iran Diam-Diam Tiba di Perbatasan Israel - Lebanon

“ Kondisi rumah sakit berbahaya, individu melakukan prosedur medis yang rumit sementara bom berjatuhan di sekitar mereka, termasuk operasi caesar dan operasi besar, hanya dengan senter di telepon sebagai penerangan,”terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: